Diminta Jelaskan Makna Kata Hajar, Ahli Ringankan Ferdy Sambo Kasih Jawaban Sinonim

Selasa, 03 Januari 2023 - 21:07 WIB
loading...
Diminta Jelaskan Makna Kata Hajar, Ahli Ringankan Ferdy Sambo Kasih Jawaban Sinonim
Ahli pidana Said Karim dihadirkan untuk meringankan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023). Foto/Tangkapan layar YouTube iNews
A A A
JAKARTA - Ahli pidana Said Karim diminta menjelaskan makna kata hajar dalam peristiwa pembunuhan berencana. Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) meminta Said Karim menjelaskan itu dalam sidang lanjutan kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023).

Said Karim dihadirkan untuk meringankan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. "Terima kasih dibolehkan oleh Majelis Hakim untuk menjawab, nah kalau ada rangkaian peristiwa itu sebelum kata hajar apa makna hajar itu? Apakah memukul atau ada perbuatan lain? Silakan Saudara ahli," ujar Said Karim.

Said mengaku selalu mengikuti jalannya persidangan kasus pembunuhan terhadap Brigadir J. Said menerangkan bahwa makna hajar sinonimnya dengan perkataan tembak.





"Jadi itu memang kata hajar muncul di dalam pemeriksaan perkara ini, ada keterangan yang menyatakan hajar, saya lalu tertarik makna kata hajar ini, saya kemudian membuka apakah ada kata makna kata hajar ini sinonim dengan atau tembak," jelasnya.

Said menerangkan tidak ada yang memberikan jaminan bahwa hajar itu berarti perintah untuk menembak. "Jadi pengertian hajar ini relatif dimaknai, terus terang mohon maaf tidak bermaksud bercanda, kita juga kadang-kadang kumpul-kumpul ramai-ramai dengan teman-teman SMA, ada makanan biasa kita bilang hajar ya kan makanan pun kita suruh hajar gitu kan," katanya.

"Apakah makna pengertian kata hajar ini sinonim atau sama dengan tembak? Tidak ada, tidak ada pengertian yang memberikan jaminan bahwa itu benar," sambungnya.

Penjelasan Said Karim itu pun langsung ditimpali oleh Jaksa. "Tadi Anda bilang sinonim. Saya tidak katakan sinonim. Saya hanya menyatakan kontekstual. Dari konteksnya yang tadi dibilang tadi ada permintaan isi amunisi. Ada perintah berani tidak tembak korban? Kontekstual dihubungkan dengan hajar apa? Bukan semantiknya, bukan sinonimnya, tapi kontekstualitasnya," kata Jaksa.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)