10 Perwira Tinggi Polri yang Naik Pangkat jadi Irjen, Nomor 5 Jabat Kapolda

Senin, 02 Januari 2023 - 14:37 WIB
loading...
10 Perwira Tinggi Polri yang Naik Pangkat jadi Irjen, Nomor 5 Jabat Kapolda
Terdapat sepuluh perwira tinggi Polri yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Irjen. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sepuluh perwira tinggi Polri yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Irjen. Salah satunya adalah Kapolda Kepulauan Riau , Irjen Pol Tabana Bangun .

Mengutip keterangan dari laman Korlantas Polri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat 42 perwira tinggi (pati) dan 121 perwira menengah (pamen) pada Sabtu, (31/12/2022).

Dari sekitar 42 anggota Polri, 10 di antaranya naik pangkat menjadi Irjen. Sementara 32 sisanya menjadi Brigjen.

Baca juga : Profil AKBP Jamal Alam, Perwira Polisi Penggagas Tim The 9 Bicycle Patrol

Berikut 10 perwira tinggi Polri yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Irjen.

1. Brigjen Pol. Chryshnanda Dwilaksana

Brigjen Pol. Chryshnanda Dwilaksana lahir di Magelang pada 3 Desember 1967. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989 ini menamatkan pendidikan S-1 di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1998.

Tak sampai disitu saja, Chryshnanda kembali melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia (UI) pada 2001 dan meraih gelar Doktoral Studi Kajian Ilmu Kepolisian pada 2005.

Dalam kariernya, Chryshnanda Dwilaksana baru saja mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang 2 sebagai jabatan Kasespim Lemdiklat Polri. Sebelumnya dia tercatat sebagai Dirkamsel Korlantas Polri sejak 2017.

2. Brigjen Pol. Hotman Simatupang

Brigjen Pol. Hotman Simatupang menduduki jabatan Widyaiswara Kepolisian Utama TK. I Sespim Lemdiklat Polri. Sama halnya dengan Tabana Bangun, dia juga mendapat kenaikan pangkat menjadi Irjen.

Dalam riwayat jabatannya, pria kelahiran 25 Januari 1965 ini sebelumnya menjabat sebagai Irwasda Polda Sulut (2015) serta Irwil V Itwasum Polri (2018).

3. Brigjen Pol. Umar Faroq

Berikutnya ada Brigjen Pol. Umar Faroq. Perwira tinggi Polri kelahiran 1968 ini mendapat kenaikan pangkat menjadi Irjen Pol (bintang 2) berdasarkan ST/2775/XII/2022 Tanggal 23 Desember 2022, KEPPRES RI Nomor 87/Polri/Tahun 2022 Tanggal 7 Desember 2022 dan KEPPRES RI Nomor 102/Polri/Tahun 2022 Tanggal 30 Desember 2022.

Saat ini, Umar Faroq menduduki jabatan Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat 1 Sespim Lemdiklat Polri. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Barat sejak 2020 lalu.

4. Brigjen Pol. Widodo

Berikutnya ada Brigjen Pol. Widodo yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Dalam posisi terbarunya, dia menduduki jabatan Staf Khusus Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Bidang Penanganan Pertahanan Nasional Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik Tanah dan Ruang.

5. Brigjen Pol. Tabana Bangun

Brigjen Pol. Tabana Bangun mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang 2 (Irjen Pol). Tak hanya itu, dalam jabatannya yang baru dia menduduki posisi Kapolda Kepulauan Riau (Kepri).

Mengutip Ditpolairud Polda Kepri, Senin (2/01/2023), sebelumnya Tabana Bangun menjabat Wakapolda Riau sejak 2020. Lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang pendidikan Polri.

Sejumlah jabatan yang pernah ditempatinya adalah Karo SDM Polda Sumut (2014), Direktur Akademik Akpol (2015), Dirprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri (2018), Wakapolda Sulawesi Utara (2019), Wakapolda Riau, serta yang terbaru adalah Kapolda Kepulauan Riau.

Baca juga : Mutasi Polri, Ini Profil 2 Perwira Tinggi yang Jabat Kapolda Baru

6. Brigjen Pol. Viktor Theodorus Sihombing

Pada kenaikan pangkatnya menjadi Irjen, Viktor Theodorus Sihombing menempati posisi Kepala Divisi Hukum Polri. Sebelumnya, lulusan Akpol 1992 ini pernah menjabat Kabidkum Polda Metro Jaya di tahun 2018.

Selain itu, sejumlah jabatan lain juga pernah disematnya seperti Kabagsunkum Rosundokinfokum Divkum Polri (2020) hingga Karokermaluhkum Divkum Polri (2020.

7. Brigjen Pol. Hilman

Selanjutnya ada nama Brigjen Pol. Hilman. Mengutip laman Korlantas Polri, dia menjadi salah satu anggota Polri yang naik pangkat menjadi Irjen.

Dalam posisinya yang baru, Hilman akan menjabat Staf Ahli Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Badan Intelijen Negara BIN.

8. Brigjen Pol. Daniel Bolly Hyronimus Tifaona

Brigjen Pol. Daniel Bolly Hyronimus Tifaona juga menjadi salah satu perwira Polri yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Irjen. Dalam jabatannya, saat ini dia menduduki posisi Penyidik Utama Setingkat Kepala Departemen di Otoritas Jasa Keuangan.

9. Brigjen Pol. Rudi Setiawan

Kenaikan pangkat juga berlaku untuk Brigjen Pol. Rudi Setiawan. Dengan pangkat baru Irjen, dia menjabat Sahlisospol Kapolri.

10. Brigjen Pol. Dadang Hartanto

Terakhir ada nama Brigjen Pol. Dadang Hartanto. Mantan Wakapolda Sumut ini naik pangkat menjadi jenderal polisi bintang 2 alias Irjen. Dalam jabatannya, saat ini dia menduduki posisi Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)