KSAL Laksamana Muhammad Ali Beberkan 4 Program Prioritas TNI AL

Sabtu, 31 Desember 2022 - 08:01 WIB
loading...
KSAL Laksamana Muhammad Ali Beberkan 4 Program Prioritas TNI AL
Upacara Sertijab KSAL dari Laksamana TNI Yudo Margono kepada Laksamana TNI Muhammad Ali di Markas Besar TNI AL (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2022). FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Laksamana TNI Muhammad Ali langsung menggelar pertemuan dengan seluruh prajurit TNI AL setelah dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I ini menyampaikan empat program prioritas TNI AL ke depan.

Sebagai prioritas pertama, Muhammad Ali akan menempatkan prajurit TNI sebagai poros utama organisasi. "Prajurit TNI AL ditempatkan sebagai prioritas utama dengan pertimbangan berputarnya roda sebuah organisasi akan bertumpu pada kemampuan sumber daya manusianya," kata KSAL dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/12/2022).

Program prioritas kedua, KSAL meminta pemenuhan kebutuhan akan alutsista TNI AL. Hal ini sebagai upaya mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi.



"Modernisasi dan pemeliharaan serta perawatan Alutsista harus memiliki hasil nyata yakni alutsista yang siap dioperasionalkan dan siap digelar sesuai kebutuhan operasi," katanya.

Program prioritas ketiga, KSAL menekankan pentingnya peningkatan fasilitas pangkalan dan sarana maupun prasarana yang dapat menunjang operasi serta tugas-tugas TNI AL.

"Pangkalan harus dilengkapi untuk mampu memberi dukungan secara optimal kepada satuan operasional. Selain itu peningkatan fasilitas maupun sarana dan prasarana (Sarpras) juga diperlukan bagi operasi perbatasan, serta dalam menunjang validasi organisasi, di mana ada beberapa satuan baru maupun satuan yang direlokasi sarprasnya belum memadai," kata Laksamana Muhammad Ali.

Baca juga: Profil Laksdya Muhammad Ali, KSAL Baru Pengganti Laksamana TNI Yudo Margono

Program prioritas keempat, KSAL Ali menyinggung kesiapan manajemen operasi dan sistem dukungan logistik. "Dalam mencapai keberhasilan operasi maupun pencapaian tugas-tugas TNI AL, diperlukan penataan terhadap manajemen operasi yang diikuti dengan evaluasi sesuai dengan tahapannya, guna menentukan strategi yang tepat serta efektif," ujarnya.

Untuk diketahui, Laksamana TNI Muhammad Ali telah resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai KSAL di Istana Presiden pada Rabu (28/12/2022). Dia menggantikan Laksamana Yudo Margono yang kini menjabat Panglima TNI.

Muhammad Ali merupakan perwira tinggi TNI AL bintang 3. Sebelum dilantik menjadi KSAL, pria kelahiran 9 April 1967 ini menduduki jabatan Pangkogabwilhan I. Muhammad Ali diketahui merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-35 tahun 1989.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)