2 Perwira Tinggi TNI Berkarier Moncer Kelahiran Gresik, dari Mantan Wapres hingga Inspektur Kodiklatal

Kamis, 29 Desember 2022 - 14:13 WIB
loading...
2 Perwira Tinggi TNI Berkarier Moncer Kelahiran Gresik, dari Mantan Wapres hingga Inspektur Kodiklatal
Terdapat beberapa perwira tinggi TNI kelahiran Gresik, Jawa Timur yang memiliki karier moncer. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa perwira tinggi TNI kelahiran Gresik , Jawa Timur yang memiliki karier moncer. Salah satunya kini berstatus sebagai Inspektur Kodiklatal.

Sepanjang sejarahnya, telah banyak lahir prajurit-prajurit terbaik dari TNI yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Termasuk salah satunya adalah Gresik, Jawa Timur. Tak sekadar lulus pendidikan militer, beberapa di antaranya bahkan bisa mencapai pangkat tinggi di instansinya.

Baca juga : 8 Komandan Jenderal Kopassus yang Berasal dari Jawa Timur, Nomor 6 Mantan KSAD

Berikut dua perwira tinggi TNI berkarier moncer kelahiran Gresik, Jawa Timur.

1. Letnan Jenderal TNI (Purn) Sudharmono

Letnan Jenderal TNI (Purn) Sudharmono merupakan Wakil Presiden Republik Indonesia ke-5. Pria kelahiran Cerme, Gresik, Jawa Timur, 12 Maret 1927 ini menduduki posisi tersebut pada periode 1988-1993.

Mengutip informasi dari laman Perpusnas, Letjen TNI (Purn) Sudharmono diketahui sebagai lulusan Akademi Hukum Militer tahun 1956. Sepanjang hidupnya, sejumlah jabatan penting lain pernah disematnya.

Dalam bidang militer, Sudharmono mengawali kiprahnya saat perang Kemerdekaan. Kala itu, dia bergabung dengan Divisi Ronggolawe berpangkat Kapten. Pada jenjang kariernya, dia juga sempat menjadi jaksa tentara.

Kemudian, pada jabatan di pemerintahan, Sudharmono juga pernah menduduki posisi penting lainnya, seperti Sekretaris Dewan Stabilitas Ekonomi, hingga Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

Di akhir hayatnya, Letjen TNI (Purn) Sudharmono meninggal dunia pada 25 Januari 2006 di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (MMC), Kuningan, Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)