Prabowo dan Anies Dinilai Cocok Jadi Pasangan Puan Maharani di Pilpres 2024

Rabu, 28 Desember 2022 - 20:39 WIB
loading...
Prabowo dan Anies Dinilai Cocok Jadi Pasangan Puan Maharani di Pilpres 2024
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua DPR Puan Maharani. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai cocok menjadi pasangan Ketua DPR Puan Maharani di Pilpres 2024. Putri Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri itu dinilai berpeluang menjadi calon presiden (capres) 2024.

“Saya kira Puan satu-satunya capres perempuan yang layak duduk di kursi RI 1. Dari sejumlah nama hanya Ketua DPR ini yang punya peluang besar menyaingi Prabowo ataupun Anies,” kata Pengamat Politik sekaligus Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, Rabu (28/12/2022).

Menurut dia, elektabilitas PDIP di berbagai lembaga survei selama ini yang berada teratas bisa memberikan efek positif pada Puan Maharani. “Jika deal politik jalan, maka Anies maupun Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto bisa jadi tandem ideal Puan,” katanya.





Dia berpendapat bahwa peluang duet Puan-Anies maupun Puan-Prabowo masih terbuka. Dia menilai kekuatan PDIP layak diperhitungkan pada Pilpres 2024.

“PDIP punya peluang apalagi mereka stabil di atas 20 persen dan menguasai parlemen 128 kursi,” tuturnya.

Kendati demikian, diakuinya bahwa peta politik Pilpres 2024 masih dinamis hingga pendaftaran pasangan capres dan cawapres dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya. “Sebelum pilpres belum ada oposisi, jadi masih koalisi temporer, kecuali pasangan capres sudah mendaftar dan ada nomor urut di KPU baru sah,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)