Jelang Pensiun, Maruli Simanjuntak Dimutasi Jadi Pati Polda Papua

Rabu, 28 Desember 2022 - 15:11 WIB
loading...
Jelang Pensiun, Maruli Simanjuntak Dimutasi Jadi Pati Polda Papua
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi 704 perwira Polri termasuk Kombes Pol Maruli Simanjuntak yang akan memasuki masa pensiun. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi 704 anggota Polri mulai level perwira menengah ( pamen ) hingga perwira tinggi (pati). Di level pamen, Kombes Pol Maruli Simanjuntak digeser karena memasuki masa pensiun.

Maruli saat ini menjabat Kepala Bidang Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Papua. Melalui mutasi yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2774/XII/KEP./2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, dia ditunjuk sebagai pamen Polda Papua (dalam rangka pensiun).

“Mutasi merupakan hal biasa dalam rangka tour of duty dan tour of area personel, serta dalam rangka penyegaran organisasi,” kata Kepala Divisi Hubungan Mayarakat Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, dikutip Rabu (28/12/2022).



Maruli bukan satu-satunya pamen berpangkat kombes yang bakal purnatugas. Dalam Telegram ST/2774 tersebut, setidaknya terdapat 9 pamen berpangkat sama yang akan mengakhiri pengabdian di Korps Bhayangkara.

Sebut saja misalnya Kombes Pol dr Ratna Relawati. Kepala Laboratorium DNA Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri tersebut dimutasi sebagai pamen Pusdokkes Polri. Kemudian, Kombes Pol I Made Ardana pamen Bareskrim Polri yang saat ini bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) dimutasi sebagai pamen Bareskrim Polri.

Di luar pamen, sejumlah pati juga akan pamit meninggalkan Polri. Pada level bintang dua terdapat Irjen Pol Eko Indra Heri. Alumnus Akademi Kepolisian 1988 ini dimutasi sebagai pati Bareskrim Polri. Selain itu Irjen Pol Kenedy yang saat ini bertugas di BNN juga dimutasi sebagai pati Bareskrim Polri.



Di level bintang satu sebagai contoh terdapat Brigjen Pol Tjahyono Prawoto. Pati Lemdiklat Polri yang diberi mandat untuk bertugas di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) tersebut dimutasi sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun.

Secara keseluruhan mutasi dan promosi jabatan ini tercantum dalam empat Surat Telegram Kapolri yang nomornya berurutan dari ST/2774 hingga ST/2776. Telegram tertanggal 23 Desember 2022 ini ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri Irjen Pol Wahyu Widada atas nama Kapolri.

Dari ratusan perwira ini, terdapat setidaknya 24 pati yang dimutasi untuk bertugas di luar struktur Polri. Komjen Pol Tomsi Tohir menjadi satu-satunya pati bintang 3 yang masuk dalam daftar mutasi ini.

Tomsi sebelumnya menjabat Staf Ahli Bidang Sosial Politik Kapolri. Berdasarkan Telegram Nomor ST/2775, lulusan Akpol 1990 ini ditugasi untuk menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Ini Artinya, Tomsi akan menjadi anak buah mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2154 seconds (0.1#10.140)