Mengenal Anoa 6x6, Panser Buatan PT Pindad yang Mendunia

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:40 WIB
loading...
Mengenal Anoa 6x6, Panser Buatan PT Pindad yang Mendunia
Anoa 6x6 merupakan salah satu alutsista TNI buatan Pindad yang namanya mendunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Anoa 6x6 merupakan salah satu alutsista TNI buatan Pindad yang namanya mendunia. Sebagai kendaraan tempur lapis baja, Anoa 6x6 ini telah banyak digunakan dan sudah teruji kekuatannya.

Mengutip laman resmi Pindad, dalam sejarahnya PT Pindad (Persero) terjun ke pengembangan teknologi kendaraan bermotor pada 1993 melalui program Mobil Nasional.

Dalam hal ini, mereka bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dari luar negeri untuk pengembangan kendaran tempur yang nantinya bisa digunakan sebagai penambah kekuatan militer nasional.

Baca juga : Alutsista Buatan Indonesia Cocok bagi Filipina

Dari sekian banyak kendaraan tempur yang berhasil dibuat, beberapa di antaranya adalah Kendaraan Taktis 4x4 “Komodo” serta Panser 6x6 “Anoa”. Dalam produksinya, kendaraan tempur ini telah banyak terjun ke berbagai misi perdamaian PBB di negara-negara seperti Lebanon, Sudan, hingga Afrika Tengah.

Lebih lanjut, Panser 6x6 Anoa buatan Pindad ini juga terbagi menjadi beberapa varian berbeda. Berikut di antaranya:

-Anoa 6x6 Mortar
-Anoa 6x6 Command
-Anoa 6x6 Amphibious
-Anoa 6x6 Ambulance
-Anoa 6x6 APC
-Anoa 6x6 Logistics

Sebagai contoh, bisa diambil varian Anoa 6x6 APC (Armoured Personnel Carrier). Tipe Anoa ini merupakan generasi pertama kendaraan tempur dari PT Pindad (Persero).

Baca juga : Prabowo Jajal si 'Maung' Mobil Rantis Buatan Pindad

Dalam fitur yang dimilikinya, Anoa 6x6 APC ini memiliki kelebihan dalam hal mobilitas, daya angkut, serta proteksi. Dengan rasio daya terhadap berat kurang lebih 20 HP/Ton, kendaraan tempur ini dibekali sistem komunikasi dan transmisi otomatis.

Lebih lanjut, Anoa 6x6 APC memiliki kapasitas hingga 12 orang termasuk pengemudi. Sedangkan untuk daya jelajahnya sendiri bisa mencapai 600 kilometer.

Beralih ke performanya, kendaraan tempur tersebut bisa mencapai kecepatan tertinggi di jalan datar sampai 80 km/jam, serta 40km/jam di offroad.

Pada bagian mesinnya, kendaraan tempur Pindad ini menggunakan Diesel Turbo Charger Inter Cooler, 6 Cylinders Inline 320 HP @ 2.300 rpm. Sementara itu, pada perlindungannya dilengkapi Baja Lapis Baja Monocoque dan Kaca Lapis Baja Perlindungan Opsional.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)