Pengamat Ungkap Empat Kelompok Masyarakat Pendukung Erick Thohir Jadi Cawapres 2024

Senin, 26 Desember 2022 - 17:58 WIB
loading...
Pengamat Ungkap Empat Kelompok Masyarakat Pendukung Erick Thohir Jadi Cawapres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir memiliki empat kelompok masyarakat yang memberikan dukungan untuk menjadi cawapres di Pilpres 2024.Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir memiliki empat kelompok masyarakat yang memberikan dukungan untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Kelompok masyarakat ini adalah pemilih tradisional Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi.

Mengingat Erick Thohir selalui dikaitkan dengan Ganjar Pranowo oleh masyarakat agar maju berpasangan di pilpres nanti. Kemudian status Erick Thohir yang merupakan mantan Ketua TKN Jokowi - Ma'ruf 2019 dan saat ini sebagai menteri terbaik serta andalan Presiden Jokowi.

"Jadi kalau dipinang, Erick Thohir bisa punya potensi untuk menambah dukungan pada dua jalur, jalur pertama adalah jalur tradisional pendukung Ganjar dan Pak Jokowi,” terang Burhanuddin.



Di samping itu, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia ini juga menjelaskan berdasarkan bedah data survei, Erick Thohir juga memiliki dukungan dari basis massa warga NU atau Nahdliyin. Mengingat orang nomor satu di Kementerian BUMN ini merupakan kader terbaik yang dimiliki oleh NU sebagai Anggota Kehormatan Banser NU dan Ketua Pengarah Panitia Harlah ke-100 NU.



Dia juga banyak berkontribusi menguatkan ekonomi umat Islam Indonesia sebagai Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah. “Erick Thohir dia figur orang kehormatan di Banser, dia juga aktif di organisasi NU," ujarnya.

Terakhir, Burhanuddin menjelaskan Erick Thohir juga menerima dukungan dari para generasi muda dan masyarakat yang memiliki penghasilan lebih dari Rp 4-5 juta ke atas atau masyarakat menengah ke atas. Dukungan dari kelompok masyarakat ini turut berkontribusi membesarkan nama eks Presiden Inter Milan tersebut dalam bursa cawapres pilpres 2024.

“Jalur kedua adalah mereka yang selama ini tidak terlalu mendukung Pak Jokowi tapi melirik Erick Thohir. Satu dari sisi pendapatan kedua dari sisi usia,” kata Burhanuddin.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)