Erick Thohir Berpotensi Tingkatkan Elektabilitas Pasangan di Pilpres 2024

Sabtu, 24 Desember 2022 - 21:02 WIB
loading...
Erick Thohir Berpotensi Tingkatkan Elektabilitas Pasangan di Pilpres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai potensial menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pengamat politik, Burhanuddin Muhtadi menilai Menteri BUMN Erick Thohir potensial menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Sebab, dari hasil survei menunjukkan Erick mendapat dukungan dari pemilih Ganjar Pranowo dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi kalau dipinang, Erick Thohir bisa punya potensi untuk menambah dukungan pada dua jalur, yakni jalur tradisional pendukung Ganjar dan Pak Jokowi," kata Burhanuddin Muhtadi, Sabtu (24/12/2022).

Untuk diketahui, elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres mengalami tren kenaikan. Berdasarkan hasil temuan survei terbaru yang dirilis Poltracking Indonesia, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut menjadi cawapres terkuat. Elektabilitas Erick Thohir menjadi yang teratas dalam lingkup nasional dengan angka 16,2%.



Begitu juga di Jateng yang merupakan basis massa Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi. Di Jateng, Erick memiliki elektabilitas sebagai cawapres tertinggi di angka 25,4%. Angka tersebut jauh meninggalkan peringkat dua yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hanya sebesar 10,4% atau selisih 15%.

Berdasarkan hasil survei itu, Erick Thohir memiliki potensi untuk menebalkan elektabilitas pasangannya ketika maju di pilpres 2024 mendatang. "Pak Erick Thohir ini kan satu sisi memperkuat basis dukungan," kata Burhanuddin Muhtadi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)