Ketua DPR Jamu Presiden Vietnam, Dorong Peningkatan Kerja Sama

Jum'at, 23 Desember 2022 - 06:39 WIB
loading...
Ketua DPR Jamu Presiden Vietnam, Dorong Peningkatan Kerja Sama
Ketua DPR Puan Maharani menerima kunjungan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Gedung Kura-Kura DPR. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menerima kunjungan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Gedung Kura-Kura DPR, Kamis (22/12/2022) sore. Dalam pertemuan itu, Puan menekankan pentingnya peningkatan kerja sama multilateral.

Apalagi, kondisi dunia saat ini tengah mengalami mode krisis pasca pandemi Covid-19 melanda. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Puan mendorong peningkatan kerja sama internasional, termasuk kerja sama bilateral antar negara termasuk Indonesia-Vietnam.

“Kedua negara dapat memperkuat kerja sama bilateral untuk berkontribusi bagi upaya mengatasi tantangan bagi stabilitas dunia dan pertumbuhan ekonomi global,” kata Puan dalam keteranganya, dikutip Jumat (23/12/2022).



Salah satu kerja sama yang dapat dilakukan yakni, kerja sama parlemen Indonesia dengan Vietnam. Ia berharap kerja sama itu dapat lebih dimaksimalkan. Menurut Puan, kerja sama antar-parlemen dapat memberi nilai tambah bagi kemitraan strategis kedua negara.

“Kerja sama antara parlemen akan menambah solid kerja sama bilateral kedua negara, khususnya dalam mempromosikan nilai demokrasi dan governance di kawasan,” katanya.

Pertemuan Puan dengan Presiden Nguyen Xuan Phuc juga turut membahas penguatan kerja sama ekonomi perdagangan Indonesia-Vietnam. Apalagi, Vietnam merupakan mitra dagang Indonesia terbesar ke-9 di dunia, dan ke-4 di ASEAN.

“Di tengah terdisrupsinya rantai pasok global (global supply chain), maka kita perlu menangkap peluang bagi peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara,” ucap Puan.

“Saya juga mendorong upaya memperkuat kerja sama sektor manufaktur, industrialisasi, kelautan dan perikanan, serta ekonomi digital,” imbuhnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)