Survei: Airlangga dan Andika Perkasa Capres Sipil-Militer Paling Diinginkan Masyarakat

Kamis, 22 Desember 2022 - 21:23 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya, dengan simulasi dua pasangan capres-cawapres dari hasil koalisi partai di KIB dan PDIP yang memiliki chemistry politik yang kuat untuk berkoalisi mengusung pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo. Sedangkan koalisi Gerindra, PKB, PKS, Nasdem, dan Demokrat, mengusung pasangan Prabowo Subianto-Anies Baswedan.

Dari 1.816 responden saat diminta memilih salah satu pasangan jika pilpres digelar hari ini, maka pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo dipilih sebanyak 42,8%, pasangan Prabowo Subianto-Anies Baswedan dipilih sebanyak 36,9%, dan yang tidak memilih sebanyak 20,3%.

Dengan simulasi dua pasangan capres-cawapres dari hasil koalisi partai di KIB dengan Nasdem dan Demokrat yang mengusung Airlangga Hartarto-Anies Baswedan versus koalisi Gerindra, PKB, PDIP, dan PKS dengan mengusung Prabowo Subianto-Puan Maharani.

Kemudian 1.816 responden diminta untuk memilih jika pilpres digelar hari maka hasilnya pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani dipilih sebanyak 39,2% dan pasangan Airlangga Hartarto-Anies Baswedan dipilih sebanyak 42,7%, dan yang tidak memilih 18,1%.

Terkait persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah, Firmansyah menyebutkan hasil temuan survei didapati 72,7% responden memiliki kepercayaan tinggi dan rasa optimistis kepada pemerintahan Jokowi-Maruf untuk mengatasi dampak krisis global tahun 2023. Hanya 10,1% yang ragu pemerintah bisa melewati krisis global, dan 17,2% tidak yakin.

Firmansyah menambahkan, hasil temuan survei menunjukkan kondisi ekonomi rumah tangga saat ini lebih baik pasca Covid-19 atau sebanyak 60,4% responden. Lalu menjawab sedikit membaik sebanyak 19,2%, dan 20,4% responden menyatakan perekonomian tidak juga membaik dan tidak ada perubahan.

Menanggapi hasil survei TBRC ini, Direktur Eksekutif Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) Sholeh Basyari menilai sosok Airlangga Hartarto patut diapresiasi karena telah menunjukkan kinerjanya sebagai Menko Perekonomian.

Ketua Umum Partai Golkar itu telah membuktikan kerja kerasnya untuk masyarakat Indonesia dalam membangkitkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, sangat wajar jika kemudian survei TBRC mengunggulkan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024.

"Survei TBRC itu memang bukti Airlangga Hartarto telah bekerja keras untuk masyarakat dan membangkitkan ekonomi bangsa di tengah pandemi Covid-19, " ucapnya.

Menurut dia, Golkar dari dulu telah memiliki pengalaman dalam membangun infrastruktur dan menjalankan perekonomian. Dengan begitu partai berlambang Pohon Beringin tersebut telah mempunyai basis yang kuat baik di perdesaan, kabupaten, dan kota. "Elektabilitas Airlangga Hartarto sangat tinggi dibandingkan capres lainnya. Hal ini terbukti bukan hanya hasil dari survei TBRC, tetapi penilain dari masyarakat," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3044 seconds (0.1#10.140)