Serahkan Sertifikat Tanah, Menteri Hadi Ungkap Pesan Menyentuh Presiden Jokowi

Kamis, 22 Desember 2022 - 06:17 WIB
loading...
Serahkan Sertifikat Tanah, Menteri Hadi Ungkap Pesan Menyentuh Presiden Jokowi
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, dalam kunjungan kerjanya di Singkawang, Batang, Jambi, Rabu (21/12/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, mengungkapkan pesan menyentuh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait sertifikat tanah. Kata Menteri Hadi, Presiden Jokowi ingin memastikan masyarakat mendapatkan hak dan legalitas tanahnya.

Diketahui, Presiden Jokowi secara simbolik menyerahkan sertifikat tanah untuk Suku Anak Dalam secara simbolik pada 1 Desember 2022 di Istana Negara. Karena itu, untuk memastikan hal tersebut, Menteri Hadi turun langsung menyerahkan sertifikat tanah.

"Ini kunjungan kerja untuk memastikan apa yang dibagikan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara untuk 744 Kepala Keluarga SAD (Suku Anak Dalam) 113, sudah tereksekusi dengan baik di lapangan," kata Menteri Hadi dalam kunjungan kerjanya di Singkawang, Batang, Jambi, Rabu (21/12/2022).

Panglima TNI periode 2017-2021 ini dalam kunjungannya disambut meriah ratusan masyarakat Suku Anak Dalam dan menyampaikan, adanya sertifikat tanah ini merupakan sinergi dan kerja sama berbagai pihak.

"Saya mewakili Presiden mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya. Salam dari Bapak Presiden Joko Widodo untuk seluruh warga Suku Anak Dalam 113. Ini tidak lain adalah hasil kerja sama berbagai pihak, baik itu PT Berkat Sawit Utama (BSU) dan tokoh masyarakat Suku Anak Dalam, Forkompinda Provinsi Jambi dan Kabupaten Batang Hari dan jajaran BPN Jambi," jelasnya.

"Kedatangan saya ini juga atas undangan warga masyarakat Suku Anak Dalam yang ingin bertemu langsung dan bersama-sama makan ikan Baung," tambah Hadi yang disambut tepuk tangan meriah warga masyarakat dan undangan yang hadir.

Baca juga: Menteri Hadi Tjahjanto Ancam Copot Pegawai ATR/BPN Terlibat Mafia Tanah

Lebih lanjut dikatakan Menteri Hadi, penyerahan sertifikat tanah ini, sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masa depan masyarakatnya.

"Saya menyerahkan lahan ini, selain untuk penghidupan masyarakat, juga untuk menyiapkan generasi SAD yang akan datang," tutup Menteri Hadi yang kemudian bersama-sama warga makan ikan baung.

Perwakilan masyarakat Suku Anak Dalam 113, Mawardi menyampaikan rasa haru dan terima kasih dengan adanya kesungguhan pemerintah dalam menyelesaikan pertanahan ini.

"Kepala ikan Baung ini sebagai simbol penghargaan dan terimakasih warga kepada Presiden Jokowi dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto atas kesungguhan upaya dan komitmen sehingga persoalan konflik pertanahan di Jambi bisa terselesaikan dengan baik," ungkapnya.

"Terima kasih untuk Presiden Jokowi, Pak Menteri Hadi Tjahjanto atas diterbitkannya sertifikat untuk warga Suku Anak Dalam 113. Warga kini bisa merasa tenang dan aman untuk bermukim dan bekerja. Ikan Baung ini janji dari warga SAD 113 dan sebagai tanda terima kasih yang tulus dari kami warga Suku Anak Dalam, mohon diterima Pak Menteri," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3190 seconds (0.1#10.140)