KSAD Dudung Curhat soal Hibah Pemprov DKI saat Jabat Pangdam Jaya

Rabu, 21 Desember 2022 - 17:28 WIB
loading...
KSAD Dudung Curhat soal Hibah Pemprov DKI saat Jabat Pangdam Jaya
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menceritakan minimnya dana bantuaan Pemprov DKI saat dia menjabat sebagai Pangdam Jaya. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan problematika saat dirinya masih menjabat sebagai Panglima Daerah (Pangdam) Jayakarta. Ia menceritakan kesulitan renovasi fasilitas Makodam Jaya, lantaran Kodam Jayakarta hanya menerima dana hibah senilai Rp16 miliar dari Pemprov DKI Jakarta.

Dudung menjelaskan, Kodam Jaya sebagai mitra pemprov seharusnya mendapatkan anggaran yang sesuai.

“Waktu saya Pangdam Jaya, saya pernah sampaikan ke gubernur waktu itu. Renovasi gedung Sudirman itu sudah lama sekali, yang saya heran waktu itu Kodam Jaya Jayakarta itu dapat hibahnya itu Rp16 miliar,” jelas Dudung saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Musem Jayakarta di Makodam Jayakarta, Rabu (21/12/2022).



Ia pun membandingkan anggaran hibah Kodam Jayakarta dengan unit lainnya di tubuh TNI, mulai dari Kostrad, Kopassus, hingga Mabes AD.

“Sementara Lakespra Rp84 miliar Kostrad Rp52 miliar, Kopassus rp48 miliar, Mabes AD aja dapat Rp43 miliar,” ucap Dudung.

Menurutnya, Pangdam Jaya memiliki peran sentral selain Polda Metro Jaya dalam menangani peristiwa yang terjadi di Ibukota. Dia pun menyayangkan atas pengalamannya tersebut.

"Saya bilang itu mitranya Gubernur itu Pangdam sama Kapolda. Kalau terjadi sesuatu di Jakarta yang berangkat duluan pasti Polda dan Kodam Jaya, bukan Kopassus bukan Kostrad, apalagi Mabes AD," jelas Dudung.

"(Apalagi) Kalau terjadi banjir dan sebagainya, kok kita malah Rp16 Miliar, ironis saya bilang," lanjut Dudung.

Kendati demikian, Dudung menuturkan Kodam Jaya kini sudah mendapatkan anggaran yang lebih layak. Menurut dia, Kodam Jayakarta sempat terbantukan saat Pemprov DKI Jakarta dipimpin oleh Gubernur Sutiyoso, purnawirawan TNI.



"Akhirnya dapat lah kita rehab (renovasi) yang lainnya besar-besar. Nah ini perlu diketahui, kalau dulu Gubernurnya Pak Sutiyoso, dapat kita banyak. Soalnya dulunya (beliau) tentara karena paham sulitnya prajurit," tutur Dudung.

Untuk diketahui, Jenderal TNI Dudung Abdurachman datang menghadiri peresmian Museum Jayakarta dan empat gedung lainnya di Makodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur.

Kegiatan peresmian gedung Museum Jayakarta ini dihadiri oleh tokoh-tokoh stakeholder seperti Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto. Kemudian mantan Pangdam Jaya seperti Jenderal TNI Agustadi, Jenderal TNI Johanes Suryo Prabowo, dan lainnya.

Selain Museum Jayakarta, KSAD juga ikut meresmikan gedung Command Center, Persit Kartika Chandra, Gor dan Dojo Judo Makodam Jaya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)