Tiga Perwira Tinggi TNI AL Bintang 3 Ini Berpeluang Duduki Kursi KSAL

Rabu, 21 Desember 2022 - 17:01 WIB
loading...
Tiga Perwira Tinggi TNI AL Bintang 3 Ini Berpeluang Duduki Kursi KSAL
Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Herru Kuswanto, dan Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali dinilai berpeluang menjadi KSAL menggantikan Laksamana Yudo Margono. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kursi Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL ) kosong setelah Laksamana TNI Yudo Margono resmi dilantik menjadi Panglima TNI. Yudo menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada awal Januari 2023.

Anggota Komisi I DPR, Sturman Pandjaitan melihat ada sejumlah nama perwira tinggi yang dinilai bisa berpotensi mengisi kursi KSAL. Mereka adalah Perwira Tinggi Bintang 3 TNI AL di masing-masing satuan.

"Ada Wakasal namanya Pak Heri (Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono). Ada Pangkogabwilhan I namanya Pak Muhammad Ali (Laksamana Madya TNI Muhammad Ali), ada Pangkoarmada namanya Pak Herru (Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto). Tiga ini semua memenuhi syarat bintang 3," kata Sturman yang merupakan purnawirawan Marinir ini saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (21/12/2022).



Sturman menjelaskan, yang membedakan dari tiga sosok tersebut adalah masa usia pakai jika benar-benar ditunjuk sebagai KSAL. Heri Purwono dan Herru Kusmanto memiliki kemiripan dalam masa usia pakai yakni kurang lebih selama satu tahun. Sementara, Muhammad Ali memiliki masa pakai selama tiga tahun.

"Kalau lihat peta kekuatan atau peta situasi masing-masing personel ini, semuanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keunggulan salah satunya, Pak Muhammad Ali, Pangkogabwilhan itu dari masa pakainya 3 tahun lebih lagi," kata mantan Danpasmar 1.

Sturman yang berpangkat terakhir Mayjen TNI (Mar) ini menegaskan, tiga sosok yang disebutkan sebatas pandangannya secara pribadi. Tidak ada preferensi tersendiri terhadap salah satunya. Sebab, semua keputusan itu berada di tangan Presiden.

Baca juga: Deretan KSAL Era Presiden Jokowi, Siapa Pengganti Laksamana TNI Yudo Margono?

"Keputusan murni dari presiden. (Yang) melihat, mencermati, menilai, menimbang, memutuskan, menetapkan," katanya.

Untuk diketahui, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono merupakan wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal). Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 itu saat ini berusia 57 Tahun.

Sementara, Laksamana Madya TNI Herru Kuswanto saat ini menjabat sebagai Pangkoarmada RI. Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1998 itu saat ini berusia 56 tahun.

Sedangkan, Laksamana Madya TNI Muhammad Ali saat ini menjabat sebagai Pangkogabwilhan I. Lulusan AAL tahun 1989 itu saat ini berusia 55 tahun.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)