Menko Muhadjir Pastikan Pemerintah Sudah Siap Cabut PPKM

Rabu, 21 Desember 2022 - 13:14 WIB
loading...
Menko Muhadjir Pastikan Pemerintah Sudah Siap Cabut PPKM
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah siap mencabut status pandemi Covid-19. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) segera dicabut mengingat kondisi Covid-19 saat semakin terkendali. Hal ini diungkapkan Jokowi saat acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku siap melaksanakan perintah Presiden Jokowi untuk mencabut PPKM. “Kita tinggal menunggu perintah dari Bapak Presiden. Tapi secara persiapan Insya Allah sudah siap,” tegas Muhadjir di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (21/12/2022).



Muhadjir mengatakan bahwa secara de facto Indonesia sebetulnya sudah keluar dari pandemi Covid-19 meskipun untuk mencabut status pandemi Covid-19 harus menunggu WHO.

“Ini kan selalu saya katakan bahwa de facto kita ini sebetulnya sudah keluar dari pandemi, ini tinggal karena untuk menetapkan kapan berakhirnya pandemi itu kan keputusan dari WHO bukan dari kita,” katanya.



Meskipun, kata Muhadjir, saat ini juga harus tetap waspada dengan adanya varian-varian baru yang terus muncul. “Sehingga, kita tentu saja tetap harus waspada karena ternyata kan juga varian-varian baru terus bermunculan kan walaupun varian baru itu sudah terbukti tidak seganas dan tidak mematikan dari varian yang awal-awal ya, tetapi juga bukan berarti kita lengah.”

“Jadi sebetulnya praktek sehari-hari kita ini kan juga sudah, sudah, sudah tidak ada PPKM ya kan gitu. Jadi Saya dukung, dukung arahan pak Presiden,” tegasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5172 seconds (0.1#10.140)