Dirjen Dukcapil Kemendagri Dinilai Sukses Lakukan Terobosan Data Kependudukan

Selasa, 20 Desember 2022 - 21:42 WIB
loading...
Dirjen Dukcapil Kemendagri Dinilai Sukses Lakukan Terobosan Data Kependudukan
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) dinilai telah melakukan terobosan perihal layanan publik bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Hal itu dibuktikan dengan adanya penghargaan internasional Honorable Mention dari Future of Government Awards.

Ketua Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Saifullah Mashum mengatakan, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri saat ini telah melakukan sejumlah terobosan dengan menerbitkan berbagai kebijakan dan regulasi guna memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat dalam pelayanan publik bidang Dukcapil.

Menurut Saifullah, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh sukses menerapkan regulasi dalam bentuk model dan strategi pelayanan digital lantaran tidak mudah merapikan database kependudukan dan pencatatan sipil di Indonesia. "Dan Pak Zudan Arif Fakrulloh adalah pejabat yang memikul tanggung jawab bidang ini, dia sukses melaksanakan tugasnya sehingga mendapatkan pengakuan dari lembaga internasional," kata Saifullah Mashum, Selasa (20/12/2022).



Saifullah menuturkan, selain dalam negeri, Zudan harus menghadapi tantangan dunia internasional. Pasalnya, nominasi dalam penghargaan ini dievaluasi oleh komite yang terdiri dari 17 ahli di bidang teknologi digital, organisasi internasional dan pemerintahan dari berbagai negara, yakni Singapura, Italia, Amerika Serikat, Britania Raya, dan lainnya.

"Hanya 10 kandidat yang terpilih masuk dalam shortlist penghargaan yang dipilih dari seluruh nominasi yang berasal dari seluruh dunia," ujarnya.

Saifullah mengatakan, Zudan telah memasuki tahun ke-8 menjabat Dirjen Dukcapil. Menurutnya, Zudan lolos dari seleksi ini bersama dengan sembilan orang kandidat lain dari seluruh dunia.

Sebagai informasi, selain Zudan Arif, kandidat lainnya adalah Mykhailo Fedorov (Ministry of Digital Transformation, Ukraina), Dedeh Suatini (West Java Teachers Association, Indonesia), City of Cape Town Data Strategy Team (Afrika Selatan), dan Goffrey Tore (Principal Agricultural Extension Specialist, Ministry of Lands Agriculture Water and Rural Resettlement, Zimbabwe).

Kemudian, Maria Lucia Villaiba (High Counselor for Digital Transformation and Delivery Unit, Presidency of Republic of Colombia), Martin Liaryora (Mayor of Cordoba, Argentina), Nadia Abdalia (Chief Administrative Secretary, Government of Kenya), Shahzma Esmail (Senior Consultant, Government of Ontario, Canada), dan Tekwill in Every School Programme (West Java Teachers Association, Indonesia).

Menurut Saifullah, Zudan sangat layak memperoleh penghargaan tersebut. Apalagi, kata Saifullah, prestasi Zudan di pemerintahan selama ini cukup banyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7808 seconds (0.1#10.140)