Panglima TNI Langsung Serah Terima Jabatan Usai Dilantik Presiden Jokowi Hari Ini

Senin, 19 Desember 2022 - 05:47 WIB
loading...
Panglima TNI Langsung Serah Terima Jabatan Usai Dilantik Presiden Jokowi Hari Ini
Momen kebersamaan Laksamana Yudo Margono (kanan) dan Panglima TNI Andika Perkasa di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/12/2022). Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan dilantik di Istana Kepresidenan oleh Presiden Jokowi, hari ini. Seusai pelatikan, Laksamana Yudo akan langsung menjalani prosesi serah terima jabatan (sertijab) dari Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Upacara sertijab dari Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Laksamana Yudo Margono dilaksanakan pada Selasa 20 Desember 2022 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda TNI Kisdiyanto, dalam keterangan resminya, Senin (19/12/2022).



Presiden Jokowi hari ini dijadwalkan melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI menggantikan Andika Perkasa. Kepastian pelantikan Panglima TNI ini disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

"Ya (pelantikan Panglima TNI)," kata Bey Machmudin kepada wartawan, Minggu (18/12/2022).



Diketahui, Jokowi mengusulkan nama Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.



Yudo kemudian menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR pada 2 Desember 2022. Setelah proses itu, seluruh fraksi Komisi I DPR menyetujui Yudo menggantikan Andika.

DPR selanjutnya menggelar rapat paripurna pengesahan Yudo Margoni menjadi Panglima TNI pada Selasa 13 Desember 2022.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2961 seconds (0.1#10.140)