Menteri Berkinerja Baik, Erick Thohir Dinilai Sosok Tepat Cawapres 2024

Jum'at, 16 Desember 2022 - 19:12 WIB
loading...
Menteri Berkinerja Baik, Erick Thohir Dinilai Sosok Tepat Cawapres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai pemimpin yang tepat menjadi Wakil Presiden (Wapres). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai pemimpin yang tepat menjadi Wakil Presiden (Wapres) selanjutnya. Apalagi kepemimpinan orang nomor satu di Kementerian BUMN ini dalam membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah terbukti sejak menjadi Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf pada Pemilu 2019.

“Beliau (Erick Thohir) orang terbaik yang bisa dimiliki oleh Presiden, jadi sempurna banget,” kata Tokoh Pemuda Indonesia Tsamara Amany Alatas, Jumat (16/12/2022).

Mantan Ketua DPP PSI ini menjelaskan, Erick Thohir sejak di TKN dulu telah terbukti totalitas dan banyak memberikan keberhasilan dalam bekerja. Terbukti, Erick berhasil mengorganisasi TKN Jokowi – Ma’ruf sebagai ketua yang mengantarkan Presiden Jokowi memimpin di periode ke dua.



Kemudian di Kementerian BUMN, Erick Thohir juga berhasil menjalankan berbagai penugasan yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Mulai dari penanggulangan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, pembenahan dan pembersihan BUMN, pemberantasan korupsi, hilirisasi SDA bahkan hingga penyelamatan dunia sepak bola Indonesia dilakukan oleh menteri terbaik serta andalan Presiden Jokowi tersebut.



Dalam penanganan Covid-19, Erick Thohir bergerak cepat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) dengan mendatangkan jutaan vaksin untuk masyarakat. Kini bahkan Indonesia bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri yakni IndoVac berkat kerja keras dari Erick Thohir bersama Bio Farma.

Di sektor pemulihan ekonomi nasional, Erick menggalakkan program KUR, Mekaar dan Makmur untuk membantu masyarakat. Program ini bahkan hingga saat ini terus berjalan dan berhasil menciptakan jutaan lapangan kerja. Kemudian di bidang pembenahan dan pemberantasan korupsi di BUMN, Erick Thohir sangat berhasil.

Erick berhasil melakukan transformasi manajemen dan fokus bisnis perusahaan-perusahaan BUMN hingga meningkatkan laba dari Rp13 triliun menjadi Rp155 triliun di triwulan III 2022. Kontribusi Kementerian BUMN kepada negara di masa kepemimpinan Erick Thohir juga tercatat meningkat Rp68 triliun.

Hal ini juga tidak lepas dari optimalisasi hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia seperti nikel yang dilakukan oleh Erick Thohir untuk mendongkrak perekonomian. Di samping itu, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini berhasil menyelesaikan kasus mega korupsi Jiwasraya, Asabri, dan Garuda Indonesia dengan berkolaborasi bersama Kejaksaan Agung serta BPKP.

Tak berhenti sampai di situ, Erick Thohir juga menyelesaikan penugasan khusus dari Presiden Jokowi untuk menyelamatkan dunia sepak bola Indonesia pascatragedi Kanjuruhan Malang. Penugasan ini berhasil diselesaikan dengan menggandeng FIFA untuk mentransformasi dunia sepak bola Indonesia agar tragedi serupa tidak terulang di kemudian hari.

“Secara objektif kalau kita mau jujur, Pak Erick Thohir ini orang yang cocok jadi nomor dua. Karena kita bisa melihat dari gestur dan cara kerja beliau, dari dulu zaman TKN beliau orang yang cocok jadi support system,” ucap Tsamara.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)