Pidato di KTT ASEAN-UE, Presiden Jokowi Ingatkan Ancaman Resesi hingga Krisis Energi

Kamis, 15 Desember 2022 - 01:02 WIB
loading...
Pidato di KTT ASEAN-UE, Presiden Jokowi Ingatkan Ancaman Resesi hingga Krisis Energi
Presiden Jokowi mengingatkan ancaman resesi dan krisis energi dalam pidato di KTT 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa (UE) di Gedung Europa, Brussels, Belgia, Rabu (14/12/2022).
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan dua isu penting saat menyampaikan pidato dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa (UE) di Gedung Europa, Brussels, Belgia, Rabu (14/12/2022).

Dua isu penting itu berkaitan dengan ancaman resesi hingga krisis energi yang menjadi permasalahan global. Berkaitan dengan ancaman resesi, Jokowi mendorong kemitraan ASEAN-UE untuk berkontribusi pada pemulihan ekonomi yang inklusif.

Setiap kepala negara mendesak kebijakan yang mempermudah perdagangan dan investasi. Menurut Jokowi, proposal Regulasi Deforestasi Uni Eropa justru berpotensi menciptakan hambatan selama ini.

”Indonesia ingin menekankan pembangunan yang inklusif dan bernilai tambah akan mendukung ketahanan ekonomi dunia secara berkeadilan. Dalam kaitan inilah Indonesia akan terus membangun industri hilirisasi,” kata Jokowi dalam keteranganya dikutip, Kamis (15/12/2022).

Jokowi menilai bahwa hanya dengan hilirisasi, Indonesia dapat melakukan lompatan kesejahteraan dan mendorong pembangunan yang lebih inklusif. Oleh karenanya, pemerintah Indonesia saat ini sedang fokus melakukan hilirisasi.



Terkait permasalahan krisis energi, Jokowi mendorong kemitraan ASEAN-UE untuk membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Jokowi meyakini krisis energi adalah sebuah keniscayaan. Namun, transisi energi harus dilakukan secara berkeadilan.

”Saya menghargai dukungan Uni Eropa terhadap Bali Energy Transition Roadmap yang dihasilkan KTT G20 bulan lalu. Kemitraan ASEAN-UE harus memobilisasi pembiayaan alih teknologi ramah lingkungan memperkuat ekosistem pengembangan energi terbarukan,” ujarnya.

Informasi Biro Pers Sekretariat Presiden, tampak hadir dalam sesi pleno tersebut pemimpin ASEAN dan Uni Eropa. Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)