Tsunami Besar yang Pernah Melanda Indonesia, Nomor 4 Menewaskan Lebih dari 230 Ribu Orang

loading...
Tsunami Besar yang Pernah Melanda Indonesia, Nomor 4 Menewaskan Lebih dari 230 Ribu Orang
Indonesia kerap dilanda bencana, termasuk tsunami. Bencana tsunami tersebut memakan korban jiwa, meluluhlantakkan bangunan dan menghancurkan harta benda. Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia kerap dilanda bencana, termasuk tsunami . Bencana tsunami tersebut memakan korban jiwa dan meluluhlantakkanbangunan dan menghancurkan harta benda.

Tsunami adalah rangkaian gelombang laut yang mampu menjalar dengan kecepatan hingga lebih 900 km per jam, terutama diakibatkan oleh gempabumi yang terjadi di dasar laut. Dikutip dari laman esdm.go.id, istilah tsunami berasal dari bahasa Jepang Tsu artinya pelabuhan dan nami artinya gelombang laut. Dari kisah inilah muncul istilah tsunami. Awalnya tsunami berarti gelombang laut yang menghantam pelabuhan.

Tidak semua gempa bumi mengakibatkan terbentuknya tsunami. Syarat terjadinya tsunami akibat gempa bumi adalah pusat gempa terjadi di dasar laut. Kemudian, kedalaman pusat gempa kurang dari 60 km.



Berikut ini SINDOnews tampilkan daftar tsunami besar yang pernah terjadi di Indonesia.

1. Tsunami Selat Sunda 2018

Gelombang tsunami pernah terjadi di Selat Sunda dan menerjang pesisir Banten dan Lampung. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018 dan menewaskan hingga 437 orang, melukai ribuan orang, serta puluhan orang hilang. Selain itu, lebih dari 2.752 rumah rusak dan puluhan ribu orang harus dievakuasi. Dalam laporan BNPB, ketinggian gelombang tsunami di Selat Sunda mencapai hingga 5 meter. Peristiwa tsunami ini merupakan imbas dari erupsi Gunung Anak Krakatau yang diikuti gempa vulkanik.

2. Tsunami Palu 2018

Pukul 18.02 WITA tanggal 28 September 2018, gempa bermagnitudo 7,4 diikuti gelombang tsunami setinggi 5 meter melanda Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah. Gempa terjadi di 26 kilometer sebelah utara Donggala dan 80 kilometer barat laut kota Palu. Menurut data BNPB, korban tewas sebanyak 2.045 orang. Jumlah korban tewas terbanyak ditemukan di Palu sebanyak 1.636 orang, disusul Sigi dan Parigi Moutong. Sedangkan 82.775 korban mengungsi dan 8.731 pengungsi berada di luar Sulawesi. Bencana ini juga menyebabkan 66.390 rumah rusak. Bukan hanya itu, gempa dan tsunami Palu juga menimbulkan bencana likuifaksi, yang tergolong langka terjadi.

3. Tsunami Pangandaran 2006
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)