Pengamat: Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19 Perkuat Kinerja Polri

Selasa, 13 Desember 2022 - 19:53 WIB
loading...
Pengamat: Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19 Perkuat Kinerja Polri
Analis keamanan dan intelijen Ngasiman Djoyonegoro menilai, kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19 perkuat kinerja Polri. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 memaksa semua organisasi untuk beradaptasi agar kinerjanya tetap efektif di tengah pembatasan sosial dan keterbatasan sumber daya. Termasuk di antaranya institusi Polri.

Sebagai lembaga negara yang dimandatkan untuk menegakkan hukum, memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat, serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, tak luput dari tuntutan untuk beradaptasi. Terdapat dua faktor utama yang memengaruhi performa organisasi, yaitu strategic planning dan strategic transformation.

Strategic planning bermakna perencanaan yang di dalamnya terdapat target capaian kinerja. Sementara strategic transformation merujuk pada transformasi organisasi pada aspek-aspek yang dinilai strategis untuk mendukung meningkatnya efektivitas kinerja di masa pandemi.



Hal itu dipaparkan analis keamanan dan intelijen Ngasiman Djoyonegoro dalam disertasinya berjudul “Dampak Kebijakan Pandemi Covid-19 Pada Hubungan Strategic Planning dan Strategic Transformation terhadap Organizational Performance di Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia”.

Pria yang akrab dipanggil Simon merupakan doktor Program Studi Ilmu Ekonomi dan Bisnis lulusan doktor konsentrasi Strategic Management di Universitas Trisakti. Ngasiman menyampaikan faktor perencanaan strategis dan transformasi organisasi menjadi faktor penentu yang menyebabkan pencapaian kinerja organisasi dalam hal ini Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri.



“Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 mampu memperkuat pengaruh perencanaan dan transformasi strategis terhadap kinerja Polri,” ungkap Simon, Selasa (13/12/2022).

Dua variabel independen tersebut yakni, strategic planning dan strategic transformation menjadi faktor penentu tercapainya kinerja organisasi, dan setelah ada kebijakan Covid-19 yang bersifat dinamis, mampu memperkuat pengaruh perencanaan strategis dan transformasi strategis terhadap kinerja Polri secara keseluruhan.

Di lihat dari faktor internal organisasi, partisipasi manajemen dalam pengendalian dan mengatasi Covid-19 tampak saling bersinergi antara satu bagian dengan bagian lainnya sehingga menghasilkan dan memengaruhi kinerja organisasi secara positif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)