Pangkat Letkol Tituler Deddy Corbuzier Disorot, DPR Desak TNI Jelaskan Kriterianya

Selasa, 13 Desember 2022 - 19:27 WIB
loading...
Pangkat Letkol Tituler Deddy Corbuzier Disorot, DPR Desak TNI Jelaskan Kriterianya
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid meminta TNI transsparan menjelaskan kriteria pangnkat letkol tituler untuk Deddy Corbuzier. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid meminta TNI menjelaskan secara terbuka kepada masyarakat ihwal pemberian pangkat kehormatan Letnan Kolonel Tituler kepada Deddy Corbuzier. Ini wajib dilakukan TI lantaran pangkat tituler yang kini resmi disandang Deddy menjadi sorotan masyarakat.

"Pada perinsipnya memang tidak ada masalah, silahkan saja. Tapi kepada publik perlu dijelaskan supaya kontroversinya tidak panjang seperti sekarang," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Legislator Golkar itu memandang bahwa penjelasan itu sangat penting supaya jelas tugas yang diemban Deddy Corbuzeir. Selain itu, perlu dijelaskan juga apakah pangkat tituler ini bisa didapatkan oleh orang lain.



”Karena kan tidak menutup kemungkinan kalau sudah dibuka bisa ada warga negara lain yang ditunjuk, sehingga kriterianya jelas dan transparan. Seperti apa yang bisa diundang oleh TNI untuk menjadi salah satu anggotanya dari luar?” kata Meutya.

"Makanya itu, yang harus dikomunikasikan ke publik apa tugasnya sebagai perantara komunikasi? Kita juga belum tahu, sehingga nanti orang-orang yang berminat mendapatkan posisi dengan gelar yang sama bisa mempersiapkan posisinya juga," ujarnya.



Deddy Corbuzier mendapatkan pangkat kehormatan Letnan Kolonel Tituler dari TNI Angkatan Darat yang diberikan Menhan Prabowo Subianto dan disahkan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa serta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Hal ini diketahui dari unggahan Deddy Corbuzier di akun Instagramnya, Jumat (9/12/2022). Dalam foto yang diunggah, Youtuber bernama lengkap Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo itu menerima map dari Prabowo Subianto.

"Kebanggaan yang luar biasa, Penerimaan Pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan @prabowoYang disahkan oleh Panglima TNI @jenderaltniandikaperkasa Dan KASAD @dudung_abdurachman," tulis Deddy Corbuzier dikutip, Jumat (9/12/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)