DPR Setujui Pemberhentian Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

Selasa, 13 Desember 2022 - 10:58 WIB
loading...
DPR Setujui Pemberhentian Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI
DPR mengesahkan pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa dari jabatan Panglima TNI dalam rapat paripurna, Selasa (13/12/2022). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - DPR resmi mengesahkan pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa dari jabatan Panglima TNI dalam rapat paripurna, Selasa (13/12/2022). Dalam rapat tersebut, DPR juga menyetujui Laksamanan TNI Yudo Margono sebagai pengganti Andika.

"Apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan fit and proper test Calon Panglima TNI tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa dari jabatan Panglima TNI dan persetujuan untuk pengangkatan Laksamana Yudo Margoni sebagai Panglima TNI. Apakah dapat disetujui?" tanya Ketua DPR Puan Maharani sebagai pimpinan sidang kepada seluruh anggota yang hadir fisik dan virtual di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Pimpinan dan Anggota DPR yang hadir serentak menjawab setuju, dan disambut dengan ketukan palu satu kali sebagai tanda pengesahan. Setelah itu, Puan mempersilakan Yudo untuk maju ke atas mimbar untuk diperkenalkan dan berfoto bersama pimpinan DPR.



Puan juga menyampaikan terima kasih kepada Jenderal Andika Perkasa atas pengabdian selama menjadi prajurit hingga Panglima TNI. "Kami ucapkan terima kasih atas dharma baktinya pada bangsa dan negara Indonesia," ucap Puan sebelum menutup rapat.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyampaikan laporan Komisi I DPR mengenai uji kelayakan Calon Panglima TNI. Komisi I DPR secara musyawarah mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa dari jabatan Panglima TNI dan menyetujui pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

"Komisi I DPR memutuskan menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, serta memberikan apresiasi atas dedikasinya membawa TNI semakin maju dan profesional," kata Meutya dalam Rapat Paripurna DPR.

Baca juga: DPR Sahkan Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)