Deretan Mantan Panglima TNI Diangkat Menjadi Menteri, Nomor 2 dan 3 di Era SBY

Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:05 WIB
loading...
Deretan Mantan Panglima TNI Diangkat Menjadi Menteri, Nomor 2 dan 3 di Era SBY
Mantan Panglima TNI diangkat jadi menteri: Wiranto, Widodo AS, Djoko Suyanto, dan Hadi Tjahjanto. Foto/Istimewa/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Deretan mantan Panglima TNI yang diangkat menjadi menteri ini penting kita ketahui. Di antara mereka ada yang menjadi menteri di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Setelah mengabdi di militer, beberapa mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) melanjutkan kariernya di pemerintahan dengan menjadi menteri. Penunjukan mantan Panglima TNI sebagai menteri merupakan hak prerogatif Presiden. Namun, selain berdasarkan penilaian pribadi, mantan Panglima TNI yang menjadi menteri tentu tak diragukan lagi kesetiaannya kepada negara.

Berikut ini SINDOnews tampilkan deretan mantan Panglima TNI yang diangkat menjadi menteri:

1. Wiranto
Deretan Mantan Panglima TNI Diangkat Menjadi Menteri, Nomor 2 dan 3 di Era SBY

Wiranto. Foto/Dok SINDO

Pada 16 Februari 1998, Jenderal Wiranto ditunjuk menjadi Panglima TNI (saat itu masih bernama ABRI). Wiranto menempati posisi pucuk pimpinan TNI hingga 1999. Kala itu, Wiranto juga merangkap sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan pada 1998-1999, saat peralihan dari masa Orde Baru ke masa Reformasi.

Baca juga: Deretan Mantan Pangkostrad Menjadi Menteri, Jenderal Wiranto Menjabat di 4 Kabinet

Jenderal TNI (Purn) Wiranto mulai terjun ke dunia politik setelah pensiun dari ABRI. Ia ditunjuk oleh Presiden Abdurrahman Wahid untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan. Ia kembali menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada 2016-2019 di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

2. Widodo AS
Deretan Mantan Panglima TNI Diangkat Menjadi Menteri, Nomor 2 dan 3 di Era SBY

Widodo AS. Foto/Wikipedia

Mantan Panglima TNI yang berasal dari TNI AL dan diangkat menjadi menteri adalah Laksamana TNI (Purn) Widodo Adi Sutjipto. Widodo AS menjabat Panglima TNI pada 26 Oktober 1999 hingga 7 Juni 2002, di masa pemerintahan Presiden BJ Habibie dan Presiden Abdurrahman Wahid.

Selepas menuntaskan tugas di militer, Widodo AS ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanandi Kabinet Indonesia Bersatu pada 2004-2009. Ia juga pernah menjadi Menteri Dalam Negeri (ad-interim) pada 2007 dan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (ad-interim) di tahun 2009.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3693 seconds (11.97#12.26)