Mengejutkan! Dari Perut Hercules Panglima TNI Mendadak Ganti KSAU

Minggu, 11 Desember 2022 - 08:14 WIB
loading...
Mengejutkan! Dari Perut Hercules Panglima TNI Mendadak Ganti KSAU
Marsekal Sukardi ditunjuk menjadi KSAU ke-8 sepanjang sejarah TNI AU di dalam pesawat Hercules. Foto/tni-au.mil.id
A A A
JAKARTA - Penerbangan pesawat angkut Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara pada akhir 1982 barangkali tidak akan pernah terlupakan oleh Marsekal Madya TNI Sukardi. Pada perjalanan melintasi awan itulah dia mendadak ditunjuk sebagai Kepala Staf Angkatan Udara ( KSAU ) yang baru.

Penerbangan tersebut membawa Panglima ABRI (kini Panglima TNI) Jenderal TNI M Jusuf untuk kunjungan ke suatu daerah. Ikut serta dalam rombongan antara lain KSAD Jenderal TNI Poniman, KSAU Marsekal TNI Ashadi Tjahjadi dan Sukardi yang saat itu Panglima Komando Strategi Nasional.

Sudah menjadi kebiasaan Jusuf berkeliling Indonesia. Sejak diangkat Soeharto menjadi panglima, jenderal berdarah bangsawan Bugis itu rajin menyapa para prajuritnya untuk mengetahui berbagai persoalan TNI. Tidak mengherankan dia dengan cepat menjadi sangat populer.

“Jusuf berhasil menjadi idola setiap prajurit TNI waktu itu, sebab: kegiatannya yang terus menerus ke bawah, mengunjungi kodam-kodam, menginpeksi dan berdialog dengan prajurit. Kedua, dialog-dialognya dengan prajurit yang apa adanya kerap diwarnai humor,” kata Tjipta Lesmana dalam bukunya, Dari Soekarno Sampai SBY (hal 112), dikutip Minggu (11/12/2022).



Sejatinya tidak ada yang berbeda dengan penerbangan Panglima pada 1982 tersebut. Jusuf biasanya menyempatkan berbincang dengan anggota rombongan ketika pesawat sudah mencapai ketinggian tertentu dan tanda sabuk pengaman telah dimatikan. Namun kali ini sesuatu yang mengejutkan terjadi!

Begitu Hercules mencapai cruising speed dan lampu fasten belt mati, Jusuf berdiri dari kursinya, berbalik ke belakang. Mantan Pangdam Hasanuddin itu lantas menatap ke Pangkostranas.

“Mas Kardi, Presiden sudah menyetujui pergantian KSAU dan jij (kamu) akan menggantikan Mas Tjahjadi,” kata Jusuf dikisahkan Atmadji Sumarkidjo dalam bukunya, Jenderal M Jusuf: Panglima Para Prajurit (hal 283).

Terang saja Sukardi sangat terkejut. Mungkin tak pernah terpikir sebelumnya dia bakal ditunjuk sebagai KSAU. Lebih-lebih penunjukan itu terjadi dalam perut pesawat Hercules yang sedang melaju membelah angkasa.

Saking kagetnya Sukardi sampai tak bisa berkata apa-apa. Sesaat jenderal bintang 3 asal Bojonegoro itu terdiam. Setelah menemukan ketenangannya, dia merespons. “Siap, Pak,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3352 seconds (0.1#10.140)