Sinergi Semua Pihak Diperlukan untuk Wujudkan Kesepakatan KTT G20

Sabtu, 10 Desember 2022 - 17:54 WIB
loading...
Sinergi Semua Pihak Diperlukan untuk Wujudkan Kesepakatan KTT G20
CEO of Rima Ginanjar Architects, Rima Ginanjar. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam mewujudkan kesepakatan para pemimpin dunia di KTT G20 terhadap isu perubahan iklim dinilai perlu sinergi semua pihak. Pandangan ini disampaikan oleh CEO of Rima Ginanjar Architects, Rima Ginanjar.

"Dengan target ini, artinya semua pemimpin dari pemerintahan, BUMN, dan swasta perlu memiliki misi yang sama. Edukasi dan penyuluhan mengenai dampak perubahan iklim dan pentingnya zero carbon untuk kesehatan dan hidup yang lebih baik menjadi penting," kata Rima Ginanjar dalam keterangannya, Sabtu (10/12/2022).

"Menanggapi hasil kesepakatan KTT G20 kemarin, saya mempunyai target dan visi Indonesia Zero Carbon by 2045. Karena penyumbang karbon terbesar adalah bangunan, saya sebagai seorang arsitek menyadari bahwa pentingnya untuk memfokuskan Rima Ginanjar Achitects untuk mendesain bangunan-bangunan low-zero carbon. Karena tanpa bantuan arsitek yang peduli terhadap climate change dan zero carbon, Indonesia tidak mungkin dapat mencapai targetnya," tambahnya.

Rima menegaskan, perlu adanya langkah konkret yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui kebijakan-kebijakan penting dengan dampak nyata untuk segera mengatasi perubahan iklim.

"Salah satu langkah konkret yang bisa dilakukan pemerintah adalah pengurangan pajak bangunan zero carbon dan memberikan kemudahan untuk memasang solar panel dari skala rumahan hingga skala besar," ucapnya.

Rima Ginanjar juga berharap kepada pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mendukung menekan perbaikan lingkungan dan memberikan banyak insentif agar mendorong terciptanya percepatan terhadap penggunaan zero carbon.

"Langkah selanjutnya sebagai seorang profesional yang harus saya lakukan adalah bersama sama dengan pemerintah membuat peraturan agar business owner terdorong untuk membangun bangunan yang zero carbon," pungkasnya.

Rima Ginanjar Architects (RGA) menjadi perusahaan arsitek dan interior pertama di Indonesia yang berkomitmen untuk desain Zero Carbon. Misi RGA adalah membangun desain Zero Carbon diseluruh provinsi di Indonesia dan mencapai Zero Carbon pada tahun 2045. Pada tahun 2045, Indonesia akan menginjak 100 tahun merdeka.

Untuk mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan makmur bangunan yang merupakan cerminan dari peradaban perlu menjadi bangunan yang Zero Carbon untuk menciptakan lingkungan yang produktif, sehat, dan efisien.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)