Momen Hari Anti Korupsi Sedunia, GMC Dorong Pemuda Tunjukkan Kemandirian Bangsa

Jum'at, 09 Desember 2022 - 23:24 WIB
loading...
Momen Hari Anti Korupsi Sedunia, GMC Dorong Pemuda Tunjukkan Kemandirian Bangsa
Memperingati Harkodia yang jatuh pada 9 Desember 2022, Ganjar Milenial Center (GMC) Provinsi Lampung menggelar Sekolah Milenial Anti Korupsi, Jumat (9/12/2022). Foto: Ist
A A A
LAMPUNG - Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) yang jatuh pada 9 Desember 2022, Ganjar Milenial Center (GMC) Provinsi Lampung menggelar Sekolah Milenial Anti Korupsi di D'Acai Cafe, Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Presiden Jokowi: Korupsi Pangkal Masalah Bangsa

Dalam kesempatan itu, Koordinator Wilayah GMC Lampung Rico Kiat Sanjaya mendorong pemuda-pemudi Lampung untuk menjawab tantangan besar pada masa depan terkait kemandirian bangsa, khususnya edukasi dalam memberantas korupsi di Indonesia.

Rico mengatakan, peringatan Hari Anti Korupsi ini dapat menjadi momentum generasi muda saat ini untuk mengingat kembali mimpi besar bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan yang diisi dengan kreativitas dan inovasi.

Baca juga: Peringati Hakordia, Kapolri: Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi

"Kemandirian bangsa harus ditunjukkan dengan semangat perubahan. Kami mengajak generasi muda untuk mewujudkan Indonesia bebas korupsi, dimulai dari Lampung," buka Rico.

Keterlibatan anak muda dalam gerakan antikorupsi, lanjut Rico memang penting diterapkan sejak dini. Mulai dari hal-hal kecil yang terjadi dalam kehidupan generasi muda, seperti tidak mencontek, disiplin saat masuk sekolah dan lainnya.

"Kami ingat betul pesan ayah Ganjar untuk menanamkan integritas dalam diri, karena kelak kita sebagai penerus bangsa akan jadi pemimpin, semoga ini awal yang bagus untuk kami semua," ujar Rico.

"Menurut kami, upaya terbaik dalam memberantas korupsi adalah dengan cara melakukan pencegahan dini. Sebagai contoh yakni, sosok Ayah Ganjar yang selama ini menjadi tauladan kita, telah menerapkan praktik sekolah antikorupsi ini di Jawa Tengah," lanjut Rico.

Dalam program yang baru dirilisnya, Ganjar Pranowo telah memproyeksikan Pati sebagai Kabupaten pertama di Indonesia yang seluruh desanya memiliki program antikorupsi. Hal itu dimaksud untuk mendorong pelayanan terhadap masyarakat yang semakin baik, transparan dan akuntabel.

"Bahkan baru kemarin, ada beberapa contoh pedesaan yang menerapkan wilayah antikorupsi di Kabupaten Pati Jawa Tengah, itu yang kami ambil dari sosok Ayah Ganjar," ujarnya.

Rico menyebut, para peserta yang hadir dalam aca tersebut telah resmi menjadi agen antikorupsi. Mereka diminta kritis untuk mengawasi praktik korupsi yang terjadi di lingkungan masing-masing.

"Peserta ini akan menjadi agen antikorupsi di lingkungan masing-masing, kami juga mendeklarasikan 'Duta Anti Korupsi GMC' yang diharapkan bisa terus menularkan semangat antikorupsi di kalangan pelajar," tutup Rico
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1754 seconds (10.177#12.26)