Erick Thohir Menteri Kinerja Terbaik, Dradjad Wibowo: Transformasi BUMN Berhasil

Jum'at, 09 Desember 2022 - 17:22 WIB
loading...
Erick Thohir Menteri Kinerja Terbaik, Dradjad Wibowo: Transformasi BUMN Berhasil
Hasil survei Poltracking yang menunjukkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai menteri yang kinerjanya dinilai memuaskan oleh masyarakat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil survei Poltracking yang menunjukkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai menteri yang kinerjanya dinilai memuaskan oleh masyarakat adalah wajar. Sebab Erick Thohir dinilai mampu membenahi kementerian yang dipimpinnya.

Ekonom senior Drajad Wibowo memandang tingkat kepuasan itu selaras dengan data yang menujukkan kinerja positif BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir. "Wajar sekali dan sangat masuk akal jika berdasarkan survei, masyarakat menilai Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan prestasi terbaik. Di kalangan profesional, Erick diapresiasi karena kinerja transformasi BUMN yang dilakukannya," ujarnya, Jumat (9/12/2022).

Drajad menilai kesuksesan Erick adalah membentuk ekosistem BUMN yang mengedepankan semangat profesionalisme. Hal ini membuat sejumlah profesional di BUMN merasa dihargai. Para profesional itu pun menjadi lebih optimal dalam bekerja dengan kepentingan untuk meningkatkan performa perusahaan. Ini terlihat dari data-data kinerja perusahaan BUMN.



“Hasilnya kita lihat dari kinerja BUMN yang membaik signifikan. Pendapatan konsolidasi BUMN pada 2021 mencapai Rp2.295 triliun atau USD160 miliar, naik 18,8% secara year-on-year (YoY) dibanding 2020," ujar Drajad.



Bahkan, laba konsolidasi BUMN yang pada 2020 adalah sebesar Rp13 triliun atau USD892 juta, pada 2021 menjadi Rp124,7 triliun atau setara USD9 miliar. Artinya, terdapat kenaikan 838%. Di pasar modal, emiten BUMN perbankan dan pertambangan membukukan kebaikan keuntungan double digit pada semester pertama 2022. “Jadi secara objektif, transformasi BUMN di bawah ET memang terbukti memberikan hasil positif," ujarnya.

Sebelumnya, hasil survei nasional Poltracking Indonesia menempatkan nama Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Erick mencapai 59,4% atau tertinggi kedua setelah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)