Benny Moerdani, Sosok Jenderal Dicap Anti Islam yang Pernah Pasok Senjata untuk Mujahidin Taliban

Kamis, 08 Desember 2022 - 19:57 WIB
loading...
A A A
Meskipun Indonesia menjadi negara non-block, namun operasi intelijen tersebut menjadi pertanda bahwa Tanah Air secara tidak langsung mendukung Amerika Serikat dalam melawan Uni Soviet.

Mengetahui hal ini, Soeharto langsung mengangkat Benny untuk menjadi Panglima Angkatan Bersenjata Indonesia.

Baca juga : Kisah LB Moerdani yang Menolak Diambil Menantu Bung Karno

Meskipun terkenal akan perannya di balik layar, namun karier Benny Moerdani tidaklah selancar yang dipikirkan. Dirinya sempat dicap anti Islam oleh beberapa kalangan.

Pelabelan ini disebabkan pecahnya Tragedi Tanjung Priok tahun 1984. Banyak orang yang menuding bahwa Benny yang tengah menjabat sebagai Panglima ABRI sebagai dalang peristiwa yang menyebabkan banyaknya korban dari umat Islam.

Tudingan ini diperkuat dengan beberapa kebijakan Benny di internal ABRI yang membuat perwira berlatar belakang santri sulit mendapat jabatan pada masa dia memimpin.

Namun itu hanyalah tudingan semata, meskipun memeluk Agama Katolik pria bernama lengkap Leonardus Benyamin Moerdani ini masih memiliki saudara tiri dan beberapa keluarga yang memeluk Agama Islam.

Anggapan Benny anti Islam sedikit memudar karena kedekatannya dengan sejumlah pemimpin pondok pesantren. Salah satunya dengan Kiai Asyaad.

Pada sebuah kesempatan, Widodo AS pernah menuturkan bahwa Benny Moerdani memang benar tertarik memeluk agama Islam. Akan tetapi, Benny sama sekali tidak mau keislamannya karena menginginkan sebuah jabatan.

Bahkan ketika Benny meninggal pada 29 Agustus 2004, prosesi pemakamannya sempat diiringi oleh kalimat syahadat serta dikafani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)