Berhasil Atasi Covid-19, Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi-Ma’ruf di Kesehatan Tinggi

Kamis, 08 Desember 2022 - 19:06 WIB
loading...
Berhasil Atasi Covid-19, Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi-Ma’ruf di Kesehatan Tinggi
Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi Widodo-KH Ma’ruf Amin di bidang kesehatan tinggi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi Widodo- KH Ma’ruf Amin meningkat di periode ketiga kepemimpinan pada 2022. Dalam survei terbaru Poltracking Indonesia, kepuasan masyarakat tertinggi terhadap kinerja pemerintah Jokowi-Ma’ruf pendidikan dan kesehatan.

Publik yang merasa puas yakni, gabungan sangat puas dan cukup puas terhadap kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo –Ma’ruf Amin di Bidang Kesehatan mencapai 77.9%.

Kepuasan kinerja pemerintahan dalam bidang kesehatan tidak lepas dari keberhasilan pemerintah dalam menangani Covid-19 dan menciptakan vaksin mandiri melalui BUMN. Sementara secara keseluruhan tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf adalah 73.2%.

Secara kuantitatif, salah satu hal yang menjelaskan angka kepuasan tersebut adalah bidang pendidikan 78.5%, bidang kesehatan 77.9%, diikuti sosial budaya 73.7%, pertahanan dan keamanan 73.1%, dan politik serta stabilitas nasional 70.3%. Namun demikian, kepuasan pada bidang ekonomi 64.5% dan penegakan hukum 62.9% adalah yang terendah.

Tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo - Ma’ruf Amin sempat mengalami fluktuasi, tetapi sepanjang 2022 relatif terus mengalami peningkatan, seperti terlihat dalam tren temuan survei Poltracking, pada Mei sebesar 59.6%, Agustus 66.2% dan November 73.2%.

Kenaikan ini, setidaknya dijelaskan oleh temuan penilaian positif (puas) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Ma’ruf Amin paling banyak karena program bantuan pemerintah 23.4% dan pembangunan proyek nasional 9.7%.

Terkait hasil survey tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengakui pemerintahan Jokowi-Ma’ruf berhasil mengatasi terpaan pandemi Covid-19. Kinerja Jokowi pun dalam menanggulangi pandemi diakui pemimpin-pemimpin dunia.

“Saya mengapresiasi apa yang jadi pencapaian Presiden Jokowi. Sukses Jokowi menghadapi Covid-19 diselesaikan sangat baik dan diakui dunia,” kata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam keterangan rilis Poltracking Indonesia tentang Proyeksi Ekonomi Politik Nasional: Catatan Akhir Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 2022, Kamis (8/21/2022).

Survei nasional ini digelar pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir, sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1376 seconds (10.55#12.26)