Berhasil Atasi Covid-19, Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi-Ma’ruf di Kesehatan Tinggi

Kamis, 08 Desember 2022 - 19:06 WIB
loading...
Berhasil Atasi Covid-19, Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi-Ma’ruf di Kesehatan Tinggi
Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi Widodo-KH Ma’ruf Amin di bidang kesehatan tinggi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi Widodo- KH Ma’ruf Amin meningkat di periode ketiga kepemimpinan pada 2022. Dalam survei terbaru Poltracking Indonesia, kepuasan masyarakat tertinggi terhadap kinerja pemerintah Jokowi-Ma’ruf pendidikan dan kesehatan.

Publik yang merasa puas yakni, gabungan sangat puas dan cukup puas terhadap kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo –Ma’ruf Amin di Bidang Kesehatan mencapai 77.9%.

Kepuasan kinerja pemerintahan dalam bidang kesehatan tidak lepas dari keberhasilan pemerintah dalam menangani Covid-19 dan menciptakan vaksin mandiri melalui BUMN. Sementara secara keseluruhan tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf adalah 73.2%.

Secara kuantitatif, salah satu hal yang menjelaskan angka kepuasan tersebut adalah bidang pendidikan 78.5%, bidang kesehatan 77.9%, diikuti sosial budaya 73.7%, pertahanan dan keamanan 73.1%, dan politik serta stabilitas nasional 70.3%. Namun demikian, kepuasan pada bidang ekonomi 64.5% dan penegakan hukum 62.9% adalah yang terendah.

Tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo - Ma’ruf Amin sempat mengalami fluktuasi, tetapi sepanjang 2022 relatif terus mengalami peningkatan, seperti terlihat dalam tren temuan survei Poltracking, pada Mei sebesar 59.6%, Agustus 66.2% dan November 73.2%.

Kenaikan ini, setidaknya dijelaskan oleh temuan penilaian positif (puas) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Ma’ruf Amin paling banyak karena program bantuan pemerintah 23.4% dan pembangunan proyek nasional 9.7%.

Terkait hasil survey tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengakui pemerintahan Jokowi-Ma’ruf berhasil mengatasi terpaan pandemi Covid-19. Kinerja Jokowi pun dalam menanggulangi pandemi diakui pemimpin-pemimpin dunia.

“Saya mengapresiasi apa yang jadi pencapaian Presiden Jokowi. Sukses Jokowi menghadapi Covid-19 diselesaikan sangat baik dan diakui dunia,” kata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam keterangan rilis Poltracking Indonesia tentang Proyeksi Ekonomi Politik Nasional: Catatan Akhir Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 2022, Kamis (8/21/2022).

Survei nasional ini digelar pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir, sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)