TGB: Perindo Siap Kolaborasi dengan Apdesi Bangun Desa

Kamis, 08 Desember 2022 - 13:50 WIB
loading...
TGB: Perindo Siap Kolaborasi dengan Apdesi Bangun Desa
Ketua Harian Nasional Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi (tengah) bertemu pengurus Apdesi di Kantor DPP Partai Perindo, Kamis (8/12/2022). FOTO/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Harian Nasional Partai Persatuan Indonesia (Perindo) TGB HM Zainul Majdi menerima kunjungan silaturahmi pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi). Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dua periode itu menegaskan Partai Perindo bakal berkolaborasi dengan Apdesi.

"Diskusi dengan Apdesi mengenai ke depan partai politik dapat memberi afirmasi untuk pembangunan di desa," katanya di Kantor DPP Partai Perindo, Kamis (8/12/2022).

Dijelaskan, Apdesi sebagai himpunan pemerintah desa memiliki peran penting dalam menyampaikan dinamika di desa.Partai Perindo, memiliki ruang inklusif untuk mewujudkan Indonesia sejahtera. Apdesi memiliki anggota yang beragam bisa juga bergabung di Perindo.



"Ada platform di Partai Perindo yang bisa mendukung Apdesi," ujar TGB.

Ketua Umum Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) ini menyebut Partai Perindo begitu siap berkolaborasi dengan Apdesi. Mendukung untuk pemberdayaan desa. "Kita akan bangun kolaborasi yang terbuka dengan Apdesi, " katanya.

Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Apdesi M Asri Anas mengatakan, saat ini kepala desa di Indonesia sudah banyak yang sarjana. Perangkat desa di Apdesi ada 2 juta orang di seluruh Indonesia. Dia menilai Partai Perindo memiliki suasana baru untuk pendekatan di desa. Apdesi dapat menjadi wadah perjuangan.

"Sekarang ada operasional 3% dari dana desa. Itu perjuangan dari Apdesi ke presiden, " katanya.

Baca juga: TGB Zainul Majdi: Nilai Luhur Demokrasi Bisa Terus Merawat Persatuan

Asri Anas mengkritik kepala desa sering kali hanya dilibatkan dalam urusan politik. Tak ada parpol yang menempatkan kades sebagai wadah perjuangan. "Sebaliknya hanya datang saat politik. Parpol harusnya menempatkan desa sebagai wadah perjuangan," ucapnya.

Menurutnya, isu-isu desa sebenarnya cukup luar biasa, seperti hutan di kawasan desa. Ini salah satu yang diprogramkan untuk memberdayakan masyarakat. Termasuk juga soal pendataan kemiskinan dan penerimaan bantuan pemerintah. "Hanya beberapa pendataan ini kerap tak melalui desa," katanya.

Silaturahim antara Perindo dan Apdesi juga dihadiri Sekjen Apdesi Anwar Sadat, Ketua Bidang Teritori Partai Perindo H Najmul Akhyar, dan Ketua Bidang Hukum Partai Perindo Tama S Langkun.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)