Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J Pertanyakan Bukti Visum Putri Candrawathi Diperkosa

Selasa, 06 Desember 2022 - 17:31 WIB
loading...
Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J Pertanyakan Bukti Visum Putri Candrawathi Diperkosa
Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Martin Lukas mempertanyakan bukti visum Putri Candrawathi diperkosa oleh Brigadir J. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Martin Lukas mempertanyakan bukti visum Putri Candrawathi diperkosa oleh Brigadir J. Pasalnya, Ferdy Sambo sebelumnya menyebutkan Putri Candrawathi diperkosa oleh Brigadir J.

"Terpenting kalau diperkosa itu berdasarkan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Nomor 12 Tahun 2022 harus ada visum et repertum," ujar Martin pada wartawan, Selasa (6/12/2022). Baca juga: Mantan Karo Provos Beberkan Cerita Putri soal Pelecehan oleh Brigadir J

Menurutnya, kasus pemerkosaan itu tak mungkin bisa naik statusnya ke penyidikan manakala tak ada bukti, dampak, ataupun keterangan yang menyatakan secara visum, adanya peneterasi orang yang diduga sebagai pelaku, kelaminnya kedalam alat kelamin perempuan. Perempuan yang mengaku menjadi korban tersebut.

"Kan tak ada, jadi bagaimana kita bisa bilang terjadi pemerkosaan," tuturnya.

Menurutnya, klaim Sambo tentang pelecehan atau pemerkosaan dinilai prematur karena tidak didasarkan bukti-bukti yang kuat, hanya keterangan satu saksi atau keterangan terdakwa, tidak didukung kesaksian lainnya. Selain itu, di dalam surat dakwaan disampaikan itu hanyalah klaim sepihak yang belum pasti kebenarannya.

"Putri Candrawathi tuh posisinya bukan sebagai korban, tapi sebagai terdakwa yang memiliki hak ingkar. Kan dia sebagai korban sudah gugur manakala laporan di Polres Jaksel sudah gugur, lalu setelah gugur, mereka memindahkan locus dan tempus, itu hak mereka, dia punya hak ingkar jadi sah-sah saja kalau dia mau berbohong dan nanti biar diuji didepan persidangan," paparnya.

Dia menambahkan pemerkosaan itu merupakan klaim sepihak belaka, yang mana tak dijelaskan secara detail bentuknya. Mereka hanya berdasarkan ahli psikolog saja, yang katanya dari sampling tentang testimoni menuduh adanya keterlibatan Brigadir J soal kepribadian ganda. Baca juga: Mantan Karo Provos Beberkan Cerita Putri soal Pelecehan oleh Brigadir J

"Lalu, katanya beliau (Brigadir J) suka main ke klub, ternyata berbalik ternyata Ferdy Sambo yang demikian, menurut Richard Eliezer ketangkap basah istri sendiri di Jalan Bangka sedang ada perempuan lain," paparnya.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3245 seconds (11.252#12.26)