Gara-gara Meletus Lagi, Pengajian Setahun Erupsi Gunung Semeru pun Batal

Minggu, 04 Desember 2022 - 19:21 WIB
loading...
Gara-gara Meletus Lagi, Pengajian Setahun Erupsi Gunung Semeru pun Batal
Gunung Semeru kembali meletus persis setelah letusan pada 4 Desember 2021 silam. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Tiimur, mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022) dini hari. Gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu menyemburkan awan panas menyusuri lereng. Beruntung, awan panas tidak mengarah pada permukiman penduduk.

Meskipun begitu, aktivitas salah satu gunung paling aktif di Indonesia ini tercatat meningkat. Karena itu, statusnya dinaikkan dari siaga menjadi awas. Konsekuensinya, sebagian wilayah desa dikosongkan dari penduduk sebagai langkah antisipasi.

Akibatnya, sejumlah acara yang sedianya dihelat warga pun dibatalkan, salah satunya peringatan setahun Erupsi Gunung Semeru.



Dalam video yang beredar, semula warga akan menggelar pengajian dalam rangka peringatan erupsi Semeru. Namun, rencana itu akhirnya batal mengingat kondisi sekitar yang dinilai tidak memungkinkan.

"Lur doanya Lur, nggak jadi Sholawatan ini. Posisi gelap Lur, sudah tidak bisa nafas ini. Kayaknya gagal ini, terpaksa kita tinggal ini. Doanya dulur-dulur," kata salah satu warga dalam sebuah video di lokasi rencana peringatan Semeru erupsi.

"Sebenarnya acara memperingati kejadian gunung Semeru erupsi. Sekarang terjadi lagi Lur," lanjut warga tersebut.

Gara-gara Meletus Lagi, Pengajian Setahun Erupsi Gunung Semeru pun Batal

Foto/tangkapan layar

Sementara, dalam video dengan durasi 00.43 itu terlihat persiapan sudah dilakukan pihak panitia. Tenda, panggung, dan kursi tampak sudah terpasang.

Namun, seperti terlihat dalam video, kondisi sekitar terlihat gelap, yang diduga lantaran erupsi. Belum diketahui secara pasti, baik lokasi maupun waktu video itu diambil.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1930 seconds (11.97#12.26)