Bendum Golkar: KIB Belum Bicara Capres, Ditentukan Nanti

Sabtu, 03 Desember 2022 - 20:35 WIB
loading...
Bendum Golkar: KIB Belum Bicara Capres, Ditentukan Nanti
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah), Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan), dan Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono (kiri) memberikan keterangan pers usai pertemuan di Restoran Bunga Rampai, Jakarta, Rabu (30/11/2022). FOTO/MPI/R SURATMAN
A A A
JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) hingga kini belum menentukan calon presiden dan wakil presiden. Parpol anggota KIB juga sepakat penentuan pasangan capres-cawapres dilakukan pada saat yang tepat.

Menurut Bendahara Umum Partai Golkar, Dito Ganinduto, dalam pertemuan parpol anggota KIB di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta, Rabu (30/11/2022), mereka belum menyepakati tentang capres dan cawapres yang akan diusung oleh KIB.

"Intinya KIB belum bicara capres. Hasil pertemuan Rabu malam di (Restoran) Bunga Rampai sepakat belum bicara capres. Namun, kami masih solid dan berkomitmen bahwa capres pada waktunya akan dibicarakan bersama anggota koalisi KIB," kata Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar ini, Sabtu (3/12/2022).



Dito, yang merupakan Koordinator KIB dari Partai Golkar itu, mengungkapkan, ketiga parpol anggota KIB baru membahas sebatas tentang persyaratan dan kriteria pasangan capres dan cawapres. Pertemuan di Restoran Bunga Rampai itu sendiri lebih mengarah pada program pemerintahan ke depan.

"Malam itu, bobot pembicaraannya lebih kepada keberlanjutan dan pembangunan ekonomi dan program-program Pak Jokowi yang harus kita kawal dan menyongsong tahun emas 2045," katanya.

Menurut Dito, ketiga Ketum parpol sepakat membicarakan hal yang lebih substantif dari sekadar pasangan capres dan cawapres. "Ketiga ketum berkomitmen semua keputusan dibicarakan bersama. KIB goal-nya menuju masyarakat sejahtera. Dalam pembicaraan itu, saya ada, jadi tahu pasti dan kita akan turun bersama-sama ke masyarakat," kata Dito.

Baca juga: Airlangga: KIB Sepakat Jadikan Demokrasi sebagai Pesta Rakyat

Sementara itu, adanya beberapa usulan dari anggota KIB di daerah, seperti DPW PAN di Jateng yang memunculkan nama pasangan tertentu, menurut Dito, itu adalah urusan internal PAN. "Selama ini Golkar juga tetap konsisten untuk mengusung Ketum kami Airlangga Hartarto sebagai capres. Namun, di KIB sendiri hingga kini belum diputuskan siapa pasangan capres dan cawapres yang akan diusung," kata Dito.

Perihal pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang akan menampung aspirasi dari DPW PAN Jateng, Dito juga melihat hal itu sebagai sesuatu yang wajar, untuk menjadikan masukan bagi internal PAN. "Untuk penentuan pasangan capres dan cawapres dari KIB, kita pasti segera tentukan pada saat yang tepat, tapi bukan saat ini," ujarnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3075 seconds (0.1#10.140)