3 Jenderal Polisi Kelahiran Kota Pahlawan, Nomor 2 Pernah Jabat Kapolda di Tiga Wilayah Berbeda

Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:32 WIB
loading...
3 Jenderal Polisi Kelahiran Kota Pahlawan, Nomor 2 Pernah Jabat Kapolda di Tiga Wilayah Berbeda
Terdapat sejumlah Jenderal Polisi kelahiran Surabaya yang memiliki riwayat karier mentereng.
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Jenderal Polisi kelahiran Surabaya yang memiliki riwayat karier mentereng. Salah satunya bahkan pernah menjabat sebagai Kapolda di tiga wilayah berbeda.

Dalam sejarahnya, Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Bukan tanpa alasan, hal ini didasarkan pada banyaknya para pejuang kemerdekaan yang berasal dari daerah tersebut.

Baca juga : Kepolisian Diminta Tiru Keteladanan Jenderal Polisi Hoegeng

Seiring waktu, muncul juga putra-putri terbaik Surabaya yang meraih banyak prestasi membanggakan, termasuk salah satunya dari instansi Polri. Dari sekian banyak, sejumlah nama bahkan telah mencatatkan karier cemerlang dan meraih pangkat tinggi.

Berikut deretan Jenderal Polisi kelahiran Kota Pahlawan yang memiliki riwayat karier cemerlang.

1. Irjen Pol Nico Afinta

Irjen Pol Nico Afinta merupakan perwira tinggi (pati) Polri yang kini menjabat Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri (Sahliososbud Kapolri). Pria kelahiran Surabaya, 30 April 1971 ini adalah lulusan Akpol 1992 dan berpengalaman di bidang Reserse.

Sepanjang kariernya, tercatat Nico Afinta telah banyak menempati jabatan-jabatan strategis di instansinya. Sebut saja seperti Dirresnarkoba Polda Metro Jaya (2016), Dirreskrimum Polda Metro Jaya (2016), Dirtipidum Bareskrim Polri (2019), Sahliosospol Kapolri (2019), Kapolda Kalimantan Selatan (2020), hingga Kapolda Jawa Timur (2020).

Baca juga : 6 Jenderal Polisi Dilantik Jadi Pejabat di KPK

2. Irjen Pol. (Purn) Machfud Arifin
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3876 seconds (11.97#12.26)