Orasi Ilmiah Pengukuhan Profesor, Dasco Ingatkan Penyelenggara Pemilu Harus Profesional

Kamis, 01 Desember 2022 - 21:46 WIB
loading...
Orasi Ilmiah Pengukuhan Profesor, Dasco Ingatkan Penyelenggara Pemilu Harus Profesional
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memberikan orasi ilmiah dalam pengukuhan gelar profesornya. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengajak semua pihak untuk melaksanakan pemilu dalam semangat persaudaraan. Hal tersebut penting agar pemilu sebagai pesta demokrasi dan pesta rakyat benar-benar terasa dan terwujud.

Hal ini disampaikan Dasco dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat”, sebagai guru besar atau profesor bidang ilmu hukum di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022).

“Kami juga ingin mengatakan pemilu adalah pesta demokrasi, maka kita juga harus mengatakan pemilu dilaksanakan dengan semangat persaudaraan, maka di akhir kegiatan pemilu juga harus berada dalam suasana semangat persaudaraan,” kata Dasco dalam orasi ilmiahnya.

Baca juga: Rektor Unpak Sebut Gelar Profesor Sufmi Dasco Diraih Melalui Proses Panjang

Dasco mengatakan, masyarakat dan para elite politik saat ini perlu mengingatkan kembali semangat pemilu pertama pada 1955. Saat itu, kadang terjadi perbedaan pendapat yang tajam di kalangan pemimpin bangsa, tetapi mereka tetap berada dalam semangat persaudaraan sebagai sesama anak bangsa.

“Persaingan selama pelaksanaan Pemilihan Umum 1955 tidak menghilangkan semangat kebangsaan mereka. Pemilihan umum memang akan menghasilkan prestasi politik dalam sebuah suasana kontestasi tajam, tetapi para peserta pemilihan umum tersebut dapat kembali lagi menjalin persaudaraan sebagaimana juga diperlihatkan oleh para pemimpin Indonesia pasca Reformasi 1998,” paparnya.

Baca juga: Sufmi Dasco Dikukuhkan sebagai Profesor, HT: Inspirasi untuk Semua

Dasco juga mengingatkan jajaran penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu dan DKPP untuk selalu profesional dan memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Pasalnya, wilayah Indonesia yang luas dengan jumlah penduduk yang besar dan menyebar di seluruh pelosok tanah air serta memiliki kompleksitas nasional. “Karena itu, perlu dilakukan upaya untuk lebih meningkatkan fungsi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi penyelenggaraan pemilu,” pesan Wakil Ketua DPR ini.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu, kata Dasco, maka perlu dilakukan upaya untuk mengakomodasi dinamika dan perkembangan masyarakat. Partai politik juga perlu memberikan kontribusi yang besar dalam pemilu dengan menjadi organisasi yang bersifat nasional dan modern.

“Upaya tersebut antara lain dapat ditempuh melalui pendidikan politik dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban, meningkatkan partisipasi politik dan inisiatif warga negara, serta meningkatkan kemandirian dan kedewasaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkas Dasco.

Sebagaimana diketahui, acara pengukuhan ini turut dihadiri sejumlah petinggi di negeri ini. Di antaranya Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR RI Puan Maharani beserta pimpinan DPR lainnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo beserta pimpinan MPR lainnya, pimpinan lembaga negara seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Mahkamah Konstitusi (MK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), pimpinan partai politik (parpol), serta anggota DPR RI dari berbagai fraksi
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3996 seconds (11.97#12.26)