8 Kepala Staf TNI AL yang Berasal dari Jawa Timur, Terakhir dari Kota Pendekar

Rabu, 30 November 2022 - 13:05 WIB
loading...
8 Kepala Staf TNI AL yang Berasal dari Jawa Timur, Terakhir dari Kota Pendekar
Terdapat delapan Kepala Staf TNI AL yang berasal dari Jawa Timur. Salah satunya Laksamana TNI Yudo Margono. Foto DOK tnial.mil.id
A A A
JAKARTA - Terdapat delapan Kepala Staf TNI AL yang berasal dari Jawa Timur . Jabatan tersebut merupakan kursi tertinggi dalam susunan organisasi Angkatan Laut .

Dalam sejarahnya TNI AL telah dipimpin oleh 27 orang. Dilansir dari kemhan.go.id, dimulai pada tahun 1945 oleh M. Pardi yang juga merupakan sosok perintis TNI AL.

Baca juga : KSAL Yudo Pimpin Sertijab 7 Jabatan Strategis TNI AL, dari Pangkoarmada RI hingga Asrena KSAL

Dari ke 27 orang yang pernah menjabat sebagai KASAL, delapan orang di antaranya berasal dari Jawa Timur. Salah satu di antaranya bahkan pernah menjabat sebagai Panglima TNI dan satu lagi menjadi calon tunggal Panglima TNI berikutnya.

Berikut delapan kepala Staf TNI AL yang berasal dari Jawa Timur :

1. Laksamana TNI (Purn) Muhammad Sudomo

Muhammad Sudomo lahir di Malang, Jawa Timur, pada 20 September 1926. Pria yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut pada 1969 hingga 1973 itu merupakan salah satu tokoh TNI AL yang cukup populer dengan beberapa jabatan menterengnya.

Seperti menjadi Wakil Panglima Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib), Kepala Staf Kopkamtib pada 1974, serta Wakil Panglima ABRI tahun 1978.

Setelah pensiun dia sempat menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja pada 1983, hingga Ketua Dewan Pertimbangan Agung pada 1993.

2. Laksamana TNI (Purn) Mochamad Romly
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1370 seconds (10.55#12.26)