Yudo Margono Calon Panglima TNI, Siapa KSAL? Ini Bocorannya

Selasa, 29 November 2022 - 12:05 WIB
loading...
Yudo Margono Calon Panglima TNI, Siapa KSAL? Ini Bocorannya
Sejumlah perwira TNI AL mengikuti Upacara Sertijab Pangkoarmada RI, Pangkoarmada II, Komandan STTAL di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Kapal Koarmada I, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/1/2022). FOTO/ANTARA/M Risyal Hidayat
A A A
JAKARTA - Laksamana TNI Yudo Margono telah resmi diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon tunggal Panglima TNI ke DPR. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu ditunjuk untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan pensiun pada 21 Desember 2022 nanti.

Jika nantinya DPR menyetujui Yudo menjadi Panglima TNI, maka posisi KSAL akan kosong. Lalu siapa yang akan menduduki jabatan puncak di TNI AL tersebut?

Menjawab pertanyaan itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan, Presiden Jokowi belum menentukan siapa yang akan menduduki posisi tersebut. Sebab, proses di DPR belum selesai.

Baca juga: BREAKING NEWS, Laksamana Yudo Margono Ditunjuk Jadi Calon Panglima TNI

"Belum (ditentukan KSAL baru). Karena ini kan proses di DPR belum selesai. Jadi nanti secepatnya," kata Pratikno kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (29/11/2022).

Meski begitu, Pratikno yakin Presiden Jokowi sudah menyiapkan beberapa calon KSAL. Namun untuk penetapan KSAL, masih menunggu proses persetujuan DPR terhadap pencalonan Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI.

"Kami menunggu proses di DPR untuk persetujuan terhadap usulan calon Panglima TNI," kata Pratikno.

Untuk diketahui, saat ini ada sembilan perwira tinggi bintang tiga TNI AL yang berpeluang menduduki jabatan KSAL. Mereka adalah Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto, Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Komandan Kodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono.

Kemudian Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, Sekjen Wantannas Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro, dan Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1545 seconds (10.101#12.26)