Luncurkan Super Apps Pusaka, Kemenag Buat Terobosan Besar Layanan Publik

Sabtu, 26 November 2022 - 13:50 WIB
loading...
Luncurkan Super Apps Pusaka, Kemenag Buat Terobosan Besar Layanan Publik
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan Super Apps Pusaka bersamaan dengan Peringatan Hari Guru Nasional di Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) membuat terobosan besar dalam layanan publik dengan meluncurkan aplikasi Super Apps 'Pusaka' . Lewat aplikasi digital ini, berbagai layanan publik keagamaan makin mudah diakses karena terhimpun dalam satu pintu.

Peluncuran Super Apps 'Pusaka' dilakukan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bersamaan dengan Peringatan Hari Guru Nasional di Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam.

Menag Yaqut mengatakan aplikasi Super Apps Pusaka ini dihadirkan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses beragam layanan Kemenag, termasuk juga bagi para pendidik dan tenaga kependidikan.

"Transformasi digital di Kementerian Agama satu tahap lebih maju. Malam ini saya rilis Pusaka Super Apps yang merupakan bagian dari upaya dan langkah strategis untuk mewujudkan transformasi digital," ujar Menag.

Ada banyak fitur dalam aplikasi Pusaka ini. Di fitur pendidikan misalnya antara lain terdapat video pembelajaran, daftar lembaga pendidikan, sekaligus juga akses terhadap layanan simpatika. "Beragam informasi seputar program afirmasi guru di tahun mendatang juga akan disajikan melalui aplikasi Pusaka ini, baik berupa bantuan, beasiswa, serta pendidikan dan pelatihan," jelas Menag.

Di aplikasi ini juga ada layanan online pendaftaran haji, pendaftaran nikah, dan sertifikasi halal. Beragam informasi keagamaan disajikan, mulai doa, khutbah keagamaan, tempat ibadah, termasuk juga para penceramah.

Menag mengungkapkan layanan di Kemenag banyak yang belum sesuai harapan di tengah perubahan zaman yang terus bergerak dinamis. Selama ini juga terlalu banyak aplikasi di Kemenag.

Banyaknya aplikasi ini bukan memudahkan, tapi seringkali membingungkan. Lahirnya Aplikasi Pusaka ini adalah keniscayaan di tengah kemajuan era digital. Aplikasi ini mengintegrasikan semua layanan yang ada sehingga lebih memudahkan.

"Melalui Aplikasi Pusaka, saya harap masyarakat Indonesia dapat secara lebih mudah mengakses layanan keagamaan yang dibutuhkan," tegasnya.

Kemenag bertekad serius untuk melakukan transformasi digital. "Bukan karena apa. Tapi untuk memastikan seluruh masyarakat bisa secara mudah mengakses layanan keagamaan. Kita ingin, layanan keagamaan ada dalam genggaman, karena masyarakat bisa mengaksesnya dari smartphone yang mereka genggam," tandasnya.

Menurut Gus Men, kehadiran Aplikasi Pusaka Super Apps juga akan mendukung kebijakan Satu Data Indonesia, sekaligus menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas. "Layanan ini diharapkan dapat berdampak luas kepada seluruh ASN Kemenag termasuk para guru, pendidik, praktisi pendidikan dan juga masyarakat umum," lanjutnya.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali menilai aplikasi Pusaka menjadi terobosan penting dalam kerangka transformasi digital. Ini menjadi bukti bahwa Kemenag terus berupaya membuat inovasi untuk memberikan layanan yang mudah diakses publik.

"Ini semakin mendekatkan dan menghadirkan layanan keagamaan dalam genggaman," ujar Nizar didampingi Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Akhmad Fauzin.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)