Jokowi ke Relawan Nusantara Bersatu: Kita Tidak Bisa Bersaing Kalau Jalannya Masih Becek

Sabtu, 26 November 2022 - 10:31 WIB
loading...
Jokowi ke Relawan Nusantara Bersatu: Kita Tidak Bisa Bersaing Kalau Jalannya Masih Becek
Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia tidak dapat mampu bersaing dengan negara lain tanpa memperhitungkan pembangunan infrastruktur. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir di acara relawannya yang tergabung dalam Nusantara Bersatu di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022).Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia tidak dapat mampu bersaing dengan negara lain tanpa memperhitungkan pembangunan infrastruktur.

Salah satunya terkait pembangunan jalan. Awalnya, Jokowi mengatakan setelah memimpin hampir selama 10 tahun dirinya berhasil melakukan pembangunan infrastruktur mulai dari jalan tol hingga pelabuhan baru di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa. Baca juga: Dapat Sambutan Meriah di GBK, Jokowi Berikan Jaketnya kepada Relawan

"Inilah yang namanya pondasi infrastruktur jalan apakah penuh? Pelabuhan apakah penuh? Airport apakah penuh? semua itu diperlukan di Jawa maupun di luar Jawa sangat-sangat diperlukan karena menjadi sebuah pondasi kita untuk bersaing dengan negara-negara lain," ujar Jokowi kepada relawannya di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Karena pentingnya pembangunan infrastruktur itu, kata Jokowi, Indonesia pun mampu bersaing dengan negara-negara lain saat ini.

"Tidak mungkin kita mampu bersaing dengan negara-negara lain kalau jalannya becek, bener? tidak mungkin kita bersaing dengan negara lain kalau kita tidak punya airport di provinsi-provinsi yang kita miliki bener?"

"Dan dengan infrastruktur itulah rakyat diberikan kemudahan untuk membawa produk-produknya petani desa membawa padinya dari desa ke kota, nelayan bisa menjual ikannya dari desa ke kota karena ada infrastruktur setuju nda?" sambung Jokowi. Baca juga: Hadir di Acara Relawan Nusantara Bersatu, Gibran Doakan Korban Gempa Cianjur

Dia menambahkan produk-produk UMKM yang ada di kampung-kampung dan desa-desa bisa dibawa ke kota karena memiliki jalan dan kemudian diekspor ke luar negeri karena Indonesia memiliki pelabuhan dan bandara yang mumpuni.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2887 seconds (11.252#12.26)