Maria Pauline Diekstradisi, MPR Minta Syamsul Nursalim Tak Dilupakan

Kamis, 09 Juli 2020 - 10:33 WIB
loading...
Maria Pauline Diekstradisi, MPR Minta Syamsul Nursalim Tak Dilupakan
Maria Pauline Lumowa sesaat sebelum diekstradisi dari Serbia. Foto/Instagram @bane
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengapresiasi kinerja Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly yang berhasil mengekstradisi buronan pembobolan Bank BNI Maria Pauline Lumowa dari Serbia.

"Kita berikan penghargaan yang tinggi kepada Pak Yasonna selaku Menkumham RI atas sukses ekstradisi buronan pembobol bank yang kabur selama 17 tahun. Ini waktu yang sangat lama untuk mengekstradisi pelaku kejahatan," ujar Jazilul Fawaid, Kamis (9/7/2020).

(Baca: Dua Pensiunan Jenderal Polisi di Balik Kasus Maria Pauline-Adrian Waworuntu)

Anggota Komisi III DPR ini berharap ke depan Kemenkumham dapat melakukan langkah yang lebih cepat agar kerugian negara bisa cepat diselamatkan.

Dikatakan Gus Jazil, pemulangan Maria Pauline Lumowa juga menjadi peringatan (warning) bagi pelaku pidana lainnya yang kabur ke luar negeri bahwa negara akan mengejarnya kapanpun dan dimanapun.

"Kejar dan tangkap para buron yang lari ke luar negeri seperti Syamsul Nursalim (buronan kasus skandal BLBI) dan istrinya dan lainnya yang juga belum ketahuan rimbanya. Publik masih menunggu sukses yang lainnya. Selamat Pak Yasonna. Kejar yang lainnya," pinta Wakil Ketua Umum DPP PKB ini.

(Baca: Ini Foto-foto Penampakan Ekstradisi Maria Pauline Lumowa, Pembobol Bank BNI Rp1,7 Triliun)

Diketahui, Menkumham Yasonna H Laoly membawa kejutan menggembirakan dari kunjungannya ke Serbia. Delegasi yang dipimpinnya sukses menyelesaikan proses ekstradisi terhadap buronan pelaku pembobolan Bank BNI Maria Pauline Lumowa dari negara tersebut.

"Dengan gembira saya menyampaikan bahwa kami telah secara resmi menyelesaikan proses handing over atau penyerahan buronan atas nama Maria Pauline Lumowa dari pemerintah Serbia," kata Yasonna dalam keterangan pers kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

(Baca: Kasus BLBI, KPK Tetapkan Sjamsul Nursalim dan Istri Buron)

Keberhasilan menuntaskan proses ekstradisi ini tak lepas dari diplomasi hukum dan hubungan baik kedua negara. "Selain itu, proses ekstradisi ini juga menjadi buah manis komitmen pemerintah dalam upaya penegakan hukum yang berjalan panjang," kata Yasonna.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)