Meriah, Menag Buka Opening Ceremony Pospenas IX di Solo

Kamis, 24 November 2022 - 18:36 WIB
loading...
Meriah, Menag Buka Opening Ceremony Pospenas IX di Solo
Pospenas) ke IX 2022 resmi dibuka oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/11/2022) malam. Kegiatan tersebut telah dihadiri santri dari setiap pondok pesantren di 34 Provinsi Indonesia.
A A A
SOLO - Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke IX 2022 resmi dibuka oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/11/2022) malam. Kegiatan tersebut telah dihadiri santri dari setiap pondok pesantren di 34 Provinsi Indonesia.

Pembukaan Pospenas IX 2022 dihadiri langsung oleh Menteri Agama didampingi Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Dirjen PAI Kemenag Ali Ramdhani, serta Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghofur.

Dalam sambutannya, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan agar para santri dapat berlaga dengan menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran dalam ajang Pospenas IX. Tidak hanya kepada santri peserta Pospenas saja, Menag juga berpesan kepada juri dan ofisial agar tidak mengajari santri-santri berbuat curang.

Selanjutnya Menteri Agama juga menilai Pospenas IX dapat menjadi ajang pembuktian para santri untuk bisa memunculkan atlet-atlet sekaligus juara-juara baik di bidang olahraga maupun seni di tingkat nasional.

Kegiatan pembukaan Pospenas IX ditandai dengan penyalaan obor oleh santri dengan diiringi para penari dengan kostum ELJAWA (Elang Jawa) maskot Pospenas IX yang memberikan kesan meriah pada gelaran tersebut. Selain itu, terdapat juga sesi di mana seluruh kontingen Pospenas IX terlihat antusias melaksanakan parade atletik mengelilingi Stadion Manahan dengan melambaikan tangan kepada seluruh penonton.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, Waryono Abdul Ghofur mengapresiasi para santri yang sangat antusias meramaikan gelar Pospenas IX dan lebih dari 20 ribu santri berkumpul di Stadion Manahan. Ia juga berharap Pospenas IX ini dapat mengedepankan silaturahmi dan Sportifitas.

Pospenas IX 2022 terdiri dari dua cabang yang akan diperlombakan, yaitu bidang olahraga dan bidang seni. Dibidang olahraga meliputi cabang atletik, pencak silat, senam SKJ, senam santri, tenis meja, dan sepak bola. Sedangkan bidang seni terdiri dari cabang hadrah, kaligrafi, video film pendek, stand up comedy, dan pidato.

Saksikan kemeriahan opening ceremony Pospenas IX yang akan ditayangkan di INews, Selasa 29 November 2022 pukul 18.00-19.00 WIB.
(ars)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1407 seconds (10.177#12.26)