3 Panglima Militer Indonesia yang Memiliki Darah Batak, Terakhir Jenderal Besar Pemilik Bintang Lima

Kamis, 24 November 2022 - 17:22 WIB
loading...
3 Panglima Militer Indonesia yang Memiliki Darah Batak, Terakhir Jenderal Besar Pemilik Bintang Lima
Terdapat tiga Panglima Militer Indonesia yang memiliki darah Batak. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga Panglima Militer Indonesia yang memiliki darah Batak . Salah satunya merupakan jenderal besar yang memiliki karier cukup cemerlang.

Suku Batak memang menjadi salah satu suku terbesar di Indonesia, yang berasal dari Sumatera Utara. Dari banyaknya itu tidak sedikit yang menduduki posisi penting, baik itu duduk di kursi pemerintahan maupun berperan di militer.

Baca juga : Adu Brevet Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa vs Panglima Militer Singapura

Mereka yang berperan di militer bahkan ada beberapa yang sampai menduduki posisi strategis hingga kursi tertinggi di Angkatan Bersenjata Republik Indonesia yakni sebagai Panglima.

Berikut tiga Panglima Militer Indonesia yang memiliki darah Batak :

1. Jenderal TNI (Purn.) Feisal Tanjung

Feisal Edno Tanjung lahir pada 17 Juni 1939 di Tarutung, Silindung, Karesidenan Tapanuli, Sumatera Utara. Pia berdarah Batak ini menjabat sebagai Panglima ABRI pada 1993 hingga 1998.

Beberapa operasi penting telah dilakoninya seperti Trikora, penumpasan gerombolan RMS, operasi Dwikora, penumpasan gerombolan OPM, G30S/PKI, hingga sempat bertugas di wilayah Timor Timur.

Dikutip dari perpusnas.go.id, Setelah pensiun Feisal Tanjung sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan dalam kabinet Reformasi Pembangunan masa kerja 23 Maret 1988 - 17 Maret 1993.

2. Jenderal TNI (Purn.) Maraden Panggabean
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2230 seconds (11.210#12.26)