4 Hal Ini Wajib Diperhatikan ketika Terjadi Gempa Bumi

Rabu, 23 November 2022 - 14:56 WIB
loading...
A A A
ESDM juga menyebut beberapa lokasi di Indonesia yang rawan gempa bumi, seperti Kalimantan Timur, Riau, Jawa Barat, NTT, dan Sumatera Selatan. Sementara itu, informasi mengenai kondisi geografis juga mampu dilacak dari keterangan warga yang sudah lebih dulu menetap. Bukan hanya gempa bumi, rekam jejak geografis lokasi tinggal yang juga patut diketahui adalah banjir, tanah longsor, dan bencana hidrometeorologi lainnya.



4. Selamatkan Diri

Keselamatan diri menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat terjadi gempa. Kendati berkesan egois. Namun, menyelematkan diri sebenarnya membantu menekan korban jiwa agar tidak terlalu banyak. Memang, jika memungkinkan, seseorang yang mampu dapat menyelamatkan orang di sekitarnya. Anda bisa berlindung di bawah meja atau objek keras lainnya. Apabila sedang memasak, pastikan kompor sudah dalam keadaan mati dan cabut semua aliran listrik demi menghindari kebakaran.

Sementara itu, jangan juga terlalu memikirkan barang-barang berharga yang kita miliki. Apabila sudah berhasil keluar, seseorang bisa langsung memeriksa jalur evakuasi terdekat dan teraman bagi orang-orang di sekitarnya. Kepekaan juga sangat dibutuhkan dalam hal ini. Kecakapan dalam mengatasi rasa panik harus dimiliki oleh tiap-tiap orang. Sebab, kepanikan yang berlebih justru akan memperkeruh suasana.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)