4 Hal Ini Wajib Diperhatikan ketika Terjadi Gempa Bumi

Rabu, 23 November 2022 - 14:56 WIB
loading...
4 Hal Ini Wajib Diperhatikan ketika Terjadi Gempa Bumi
Selain hal-hal yang berkaitan dengan mitgasi, menyelematkan diri sendiri adalah hal pokok yang wajib diperhatikan ketika gempa bumi terjadi. Foto: MPI/Aldhi Candra
A A A
JAKARTA -
Sebagai salah satu negara rawan gempa, seyogyanya edukasi dan pemahaman mitigasi merupakan hal yang harus diperhatikan. Hal ini penting agar bencana alam yang bisa terjadi tiba-tiba tidak menimbullkan kepanikan dan jumlah korban yang besar.

Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai tindakan mitigasi maupun ketika terjadi gempa?

1. Selalu Simpan Nomor Darurat

Masyarakat sebaiknya langsung menghubungi pihak terkait ketika terjadi sebuah bencana. Itulah mengapa, penting untuk menyimpan nomor-nomor penting atau darurat di gawai masing-masing. Contoh layanan nomor panggilan darurat yang bisa dihubungi adalah 112. Menurut Kominfo, nomor ini akan terhubung dengan call center yang dibangun oleh pemerintah daerah. Sementara itu, ada pula nomor 110 untuk menghubungi pihak kepolisian, 115 untuk Basarnas, 119 untuk Kemenkes atau akses ambulans, serta BNPB di nomor 117. Nomor-nomor tersebut disediakan oleh pemerintah pusat.



2. Edukasi Diri Sendiri

Masyarakat Indonesia dapat dikatakan sudah memahami internet. Berbagai informasi bisa didapat dengan sangat mudah, termasuk mitigasi bencana alam. Sebagai masyarakat cerdas dan melek teknologi, kita seharusnya rajin mengedukasi diri sendiri mengenai hal-hal apa saja yang wajib dilakukan ketika terjadi bencana alam, terutama gempa bumi.

Contoh edukasi yang bisa diperoleh adalah metode penyelamatan diri ketika gempa. BPBD Kabupaten Bogor menyebut, langkah drop, cover, dan hold on bisa diterapkan. Sederhananya, masyarakat harus menurunkan posisi tubuh yang lebih rendah, mencari pelindung atau penutup kepala dan leher, serta tetap berlindung di tempat kokoh. Jika kita sudah berhasil mengedukasi diri sendiri, maka edukasi kepada orang terdekat dapat langsung dilakukan.

3. Kenali Kondisi Geografis Lokasi Tinggal

Satu hal penting yang juga harus diperhatikan adalah mengenali kondisi geografis lokasi yang kita tinggali. Poin tersebut merupakan hal dasar yang wajib diketahui masing-masing individu. Apalagi, Indonesia masuk salah satu negara yang rawan terkena gempa bumi. Melansir laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sumber gempa bumi di Indonesia umumnya berada di zona subduksi dan sesar aktif di darat. Zona ini rupanya membentang di Pulau Jawa, selatan Pulau Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)