Dubes RI Terima Gedung KBRI dan Wisma Duta Besar RI dari Pemerintah Persatuan Emirat Arab

Rabu, 23 November 2022 - 06:20 WIB
loading...
Dubes RI Terima Gedung KBRI dan Wisma Duta Besar RI dari Pemerintah Persatuan Emirat Arab
Pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) yang diwakili oleh Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional menyerahkan gedung kantor dan wisma Duta Besar RI kepada Duta Besar RI Husin Bagis. Foto/MNC Media
A A A
ABU DHABI - Pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) yang diwakili oleh Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional menyerahkan gedung kantor dan wisma Duta Besar RI kepada Duta Besar RI Husin Bagis. Penyerahan ini mencatatkan sejarah karena merupakan pemberian sepenuhnya (hibah) kepada Indonesia dan juga menjadi bukti betapa dekat dan kuatnya hubungan bilateral kedua negara.

Gedung baru KBRI Abu Dhabi dan Wisma Duta Besar RI dibangun di atas luas tanah 5.574,18 m2 dengan luasan bangunan 5.177,51 m2. Terdapat empat bangunan yakni Gedung Resepsionis, Gedung Pelayanan Kekonsuleran, Gedung Kantor, serta Wisma Duta Besar RI yang kesemuanya berada di Embassy Area di kawasan Mushriff, Abu Dhabi. Baca juga: 4 Poin Pembahasan Jokowi dan Pengusaha PEA, Salah Satunya Ada IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang kala itu masih menjabat sebagai Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata PEA, bersama-sama melakukan peletakan batu pertama pada 12 Januari 2020.

Desain gedung baru ini merupakan hasil kolaborasi dari tim KBRI dan konsultan setempat yang kemudian dipilih oleh Presiden Jokowi langsung. Proses konstruksi dimulai pada Februari 2020 dan selesai pada Agustus 2022, dilanjutkan dengan pengisian furnitur.

Berada di lokasi strategis, Gedung KBRI Abu Dhabi yang baru ini tidak jauh dari Jalan Presiden Joko Widodo, Kedutaan Amerika Serikat, Kedutaan Turki, Kedutaan Korea Selatan, Akademi Diplomatik Anwar Gargash, dan juga pusat ekhibisi (Abu Dhabi National Exhibition Center). Megah dan indah, gedung baru ini juga memiliki satu fitur logo Gunungan sebagai memento Keketuaan Indonesia pada G20 di dalam bangunan.

“Hibah gedung KBRI dan Wisma Duta Besar ini merupakan simbol hubungan persaudaraan dan kerja sama yang erat antara Indonesia dan PEA. Semua sudah disediakan dan kita hanya perlu membawa komputer saja, kami betul-betul berterima kasih kepada Pemerintah PEA atas hibah ini,” tutur Husin Bagis, Duta Besar Indonesia untuk PEA dalam keterangannya, Rabu (23/11/2022).

Menurut Husin, desain gedung ini sudah memuat kebutuhan KBRI Abu Dhabi hingga 20 tahun ke depan, modern dan bisa jadi percontohan pembangunan Kantor Perwakilan RI di seluruh dunia. Baca juga: Makin Mesra, Menko Airlangga Beberkan Kesepakatan Kerja Sama Ekonomi RI-PEA

“Semoga gedung baru ini bisa diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Kami juga berharap pembangunan Masjid Joko Widodo (hibah dari Presiden PEA) dapat selesai segera dan diresmikan bersamaan tahun depan,” tutup Husin.
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1713 seconds (11.97#12.26)