Adu Brevet Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa vs Panglima Militer Singapura

Senin, 21 November 2022 - 20:03 WIB
loading...
Adu Brevet Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa vs Panglima Militer Singapura
Brevet Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa rupanya memiliki jumlah yang lebih banyak ketimbang Panglima Militer Singapura Letjen Melvyn Ong. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Brevet Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa rupanya memiliki jumlah yang lebih banyak ketimbang Panglima Militer Singapura Letjen Melvyn Ong. Brevet sendiri merupakan tanda kehormatan yang diperoleh dalam bidang tertentu.

Jenderal Andika Pertama menjabat sebagai Panglima TNI pada 17 November 2022 lalu, dan diperkirakan sebentar lagi akan melepas masa jabatannya ini karena pensiun.

Baca juga : Jalan Panjang Seorang Panglima TNI

Dilansir dari mindef.gov.sg, sementara Letjen Melvyn Ong telah menjabat sejak 23 Maret 2018 setelah melakukan upacara penyerahan jabatan dari Panglima sebelumnya Letjen Perry Lim.

Bila dilihat dari jajaran brevet yang dimiliki sudah bisa jelas dilihat bahwa Panglima TNI Jenderal Andika memiliki jumlah brevet yang lebih banyak ketimbang Letjen Melvyn Ong.

Sebanyak kurang lebih 18 brevet hingga saat ini telah dikumpulkan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa. lima di antaranya didapat dari US Army dan 1 brevet didapat dari Australian Army.

Sementara jika dibandingkan jumlah brevet Panglima TNI, Letjen Melvyn Ong hanya memiliki tiga brevet saja yang tersemat di seragamnya. Dimana salah satunya didapat dari Indonesia, dan satu yang lain didapat dari Singapura.

Daftar brevet Jenderal TNI Andika Perkasa :

- Brevet Kualifikasi Komando Kopassus.
- Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad.
- Brevet Free Fall.
- Brevet Para Utama.
- Bintang Dharma.
- Brevet Kualifikasi Penanggulangan Teror.
- Brevet Pandu Udara.
- Wing Penerbang TNI AU.
- Brevet Trimedia Intai Amfibi Korps Marinir.
- Brevet Anti-Teror Aspek Laut.
- Brevet Komando Kopasgat.
- Brevet Satuan Bravo 90 Kopasgat.
- Brevet Pengendali Tempur (Dalpur) Kopasgat.
- Military Freefall Parachutist Badge (US Army).
- Master Parachutist Badge (US Army).
- Air Assault Badge (US Army).
- Master Explosive Ordnance Disposal Badge (US Army).
- Expert Marksmanship Badge with Pistol tab (US Army).
- Parachutist Badge (Royal Australian Army).

Baca juga : Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Australia

Daftar Brevet Letjen Melvyn Ong :

- Basic Parachutist badge.
- Indonesian Army Basic Parachutist badge.
- Royal Thai Army Basic Parachutist badge.

Brevet bukanlah tanda kehormatan satu satunya yang dimiliki panglima Singapura ini. Pada awal masa jabatannya Letjen Melvyn Ong sempat mampir dan menerima Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Utama.

Dilansir dari tni.mil.id, pada 30 April 2018, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima Kunjungan Kehormatan dan menyematkan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Utama kepada Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Major General Melvyn Ong di ruang tamu Panglima TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

Hubungan militer antara kedua negara ini memang telah terjalin baik. Hal tersebut dibuktikan dari kerapnya dua panglima ini bertemu demi saling berkomitmen untuk bekerjasama.

Karena menurut Jenderal Andika, sebagai negara yang bertetangga maka kedekatan sebagai partner kerja sama juga haruslah semakin dekat, tak heran bila Panglima Singapura ini kerap berkunjung ke Indonesia begitu juga sebaliknya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)