Rieke Diah Pitaloka Gaungkan Pentingnya Data Desa Presisi dari Indarung

Sabtu, 19 November 2022 - 23:29 WIB
loading...
Rieke Diah Pitaloka Gaungkan Pentingnya Data Desa Presisi dari Indarung
Anggota Komisi VI DPR Rieke Diah Pitaloka menggaungkan pentingnya data desa atau kota yang presisi melalui orasi kebudayaannya di Indarung Art Market Festival 2022, Kamis (17/11/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Rieke Diah Pitaloka menggaungkan pentingnya data desa atau kota yang presisi melalui orasi kebudayaannya di Indarung Art Market Festival 2022, Kamis (17/11/2022). Orasi kebudayaan bertajuk "Indarung: Bung Karno, Peci dan Semen" dibacakan dalam acara yang digelar di bekas Pabrik Indarung I, PT Semen Padang, Sumatera Barat.

Adapun Indarung Art Market Festival 2022 itu digelar 17-20 November 2022. Pabrik Indarung l adalah cikal bakal pabrik semen pertama di Asia Tenggara ini.

Dalam acara itu juga terdapat pertunjukan mural, diskusi, film, arsip visual, pameran foto, dan pasar seni. Nah, berikut orasi kebudayaan yang disampaikan oleh Rieke Diah Pitaloka:



Infrastruktur adalah hajat hidup rakyat, dan hajat hidup rakyat berupa infrastruktur itu jelas butuh semen. Tak ada satu pun bidang pembangunan fisik yang tidak membutuhkan semen.

Saya jadi teringat kata-kata Bung Karno dalam pidato di hadapan para pemuda di Surakarta pada 11 Juli 1960. Mana bisa membuat gedung ini kalau tidak ada semen. Mana bisa membuat pabrik kalau tidak ada semen.

Mana bisa bikin jembatan kalau tidak ada semen, mana bisa membuat landasan kapal udara kalau tidak ada semen. Mana bisa membuat pelabuhan jikalau tidak ada semen.

Saya tambahkan, membangun jalur logistik pangan nasional pun butuh semen, bangun papan atau perumahan butuh semen, bangun sekolah dan universitas untuk hak rakyat atas pendidikan pun butuh semen, bangun musium, pusat-pusat kebudayaan pun butuh semen, bangun puskesmas dan rumah sakit untuk penuhi hak rakyat pun butuh semen.

Membangun perkantoran pemerintahan pun butuh semen. Bahkan, membangun ibukota negara pun siapa yang pungkiri kita butuh semen.

Pendek kata, semen adalah salah satu kebutuhan dasar bagi dijalankannya pembangunan infrastruktur yang tidak terpisahkan dari pembangunan manusia dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)