Survei Voxpol: Endorse Jokowi Tak Pengaruhi Pilihan Capres Masyarakat

Jum'at, 18 November 2022 - 18:38 WIB
loading...
Survei Voxpol: Endorse Jokowi Tak Pengaruhi Pilihan Capres Masyarakat
Sebanyak 65,7% responden survei Voxpol mengaku tidak terpengaruh atas pilihan presiden terhadap capres tertentu. Foto/dok.SINDOOnews
A A A
JAKARTA - Dukungan Presiden Joko Widodo terhadap calon presiden ( capres ) tertentu tak mempengaruhi pilihan masyarakat. Hal ini terpotret dalam hasil survei yang dirilis Voxpol Center.

"Arah dukungan presiden Joko Widodo tidak memberikan pengaruh yang cukup kuat untuk menggiring pemilih kepada kandidat tertentu," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago dalam paparan hasil surveinya yang dirilis di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022).



Dalam data yang dipaparkan, responden yang mengaku terpengaruh atas dukungan Presiden terhadap calon tertentu sebanyak 25,0%. Sementara, 65,7% responden mengaku tidak terpengaruh atas pilihan presiden terhadap capres tertentu. Selebihnya 9,3% responden mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Pangi melanjutkan, dari 25% yang mengaku terpengaruh, terbanyak responden akan mengikuti jika Presiden memilih Ganjar Pranowo.



"Mayoritas pemilih yang mengaku terpengaruh terhadap pilihan politik Presiden Joko Widodo cenderung memilih Ganjar Pranowo (32,1%), Anies Rasyid Baswedan (22,3%) dan Prabowo Subianto (18,7%)," ujarnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada tanggal 22 Oktober-7 November 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.220 responden yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Sementara, survei ini menerapkan toleransi kesalahan atau margin of error sebesar ±2,81% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)