Inilah 6 Polwan Pertama di Indonesia, Muncul Perdana di Bukittinggi

Jum'at, 18 November 2022 - 16:09 WIB
loading...
A A A
Beberapa tugas lainnya adalah memberantas dan mencegah kejahatan yang dilakukan oleh atau terhadap wanita dan anak-anak, memberi bantuan kepada polisi umum dalam pengusutan dan pemeriksaan perkara terhadap terdakwa, saksi khusus untuk memeriksa fisik kaum wanita yang tersangkut atau terdakwa dalam suatu perkara, serta mengawasi dan memberantas pelacuran, perdagangan perempuan dan anak-anak.

Pada 1965 terbit TAP MPR No II Tahun 1960 yang berisi, Kepolisian merupakan bagian dari Angkatan Bersenjata. Karena itu, sejak tahun itu, pendidikan calon perwira Polwan diintegrasikan bersama calon perwira polisi pria untuk bersama-sama dididik di AAK (Akademi Angkatan Kepolisian) di Yogyakarta.

Namun, perekrutan Polwan di AAK hanya berjalan satu angkatan. Setelah itu tidak ada lagi perekrutan untuk calon perwira Polwan di AAK. Jalur perekrutan menjadi perwira Polwan diubah melalui jalur perwira karier setingkat sarjana dan sarjana muda melalui SEPAMILWA (Sekolah Perwira Militer Wajib).

Memperingati kelahiran Polwan di Indonesia, telah dibangun Monumen Polwan di Bukittinggi, Sumatera Barat yang diresmikan Kapolri Jenderal Polisi Banurusman Astrosemitro pada 27 April 1993.

Pada 2002, wanita berkesempatan mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) untuk menjadi perwira Polwan. Sejak saat itu, mulai banyak kesempatan bagi Polwan menduduki beberapa jabatan strategis di Polri. Kini Polwan setara dengan polisi pria dalam menjalankan tugas dan fungsi kepolisian yang semakin berkembang sesuai kemajuan zaman.

MG/Vadma Gempita
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)